Pengaruh teknik shaping terhadap keterampilan memakai kemeja anak tunagrahita kelas 1 SDLB di SLB PGRI Kedungwaru Tulungagung / Gayatri Hardianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh teknik shaping terhadap keterampilan memakai kemeja anak tunagrahita kelas 1 SDLB di SLB PGRI Kedungwaru Tulungagung / Gayatri Hardianti

Hardianti, Gayatri (2016) Pengaruh teknik shaping terhadap keterampilan memakai kemeja anak tunagrahita kelas 1 SDLB di SLB PGRI Kedungwaru Tulungagung / Gayatri Hardianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hardianti Gayatri. 2016. Pengaruh Teknik Shaping Terhadap keterampilan memakai kemeja anak tunagrahita kelas 1 SDLB di SLB PGRI Kedungwaru Tulungagung. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sudarsini M.Pd (II) Drs. Abdul Huda M.Pd Kata Kunci teknik shaping keterampilan memakai kemeja tunagrahita Tunagrahita adalah kondisi dimana seseorang mengalami gangguan dalam perkembangan intelektual hingga berdampak pada kehidupan pribadinya yang tidak dapat lepas dari ketergantungan terhadap orang lain. Salah satu ketergantungan yang banyak terjadi pada anak tunagrahita yaitu kemampuan berpakaian terutama pada keterampilan memakai kemeja. Berkaitan dengan hal tersebut diperlukan adanya pembelajaran atau latihan yang dapat meningkatkan keterampilan memakai kemeja. Salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan memakai kemeja adalah pembelajaran menggunakan teknik shaping. Teknik shaping adalah teknik pembentukan perilaku baru yang dilakukan dengan cara bertahap dan disertai dengan penguatan secara berturut-turut. Tujuan penelitian adalah (1) mendeskripsikan keterampilan memakai anak sebelum diberikan intervensi (2) mendeskripsikan keterampilan memakai kemeja anak setelah diberikan intervensi (3) mendeskripsikan pengaruh teknik shaping terhadap keterampilan memakai kemeja anak tunagrahita. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan subjek tunggal atau SSR (Single Subject Research) dengan desain A-B-A. Subjek penelitian ini adalah siswa tunagrahita ringan dengan gangguan motorik kelas 1 SDLB di SLB PGRI Kedungwaru Tulungagung. Jenis pengukuran variabel yang digunakan adalah persentase. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan perolehan mean level yang meningkat dari 63 67% kondisi baseline-1 89 71% dan 85 17 pada kondisi baseline-2. Perhitungan persentase overlap antara kondisi baseline-1 ke kondisi intervensi adalah 0%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara teknik shaping sebagai variabel bebas terhadap keterampilan memakai kemeja anak tunagrahita sebagai target behavior. Saran dari penelitian ini antara lain (1) berikan variasi terhadap pendekatan pembelajaran khususnya bina diri teknik pembelajaran bina diri serta media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakter individual anak (2) orang tua diharapkan dapat bekerjasama dalam mengembangkan kemandirian anak tunagrahita dengan gangguan motorik dengan adanya kerjasama yang baik maka pembelajaran yang diberikan dari sekolah kemudian dilanjutkan dengan pembiasaannya di rumah (3) Perlu diadakan penelitian yang lebih mendasar dalam pembelajaran bina diri

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8916

Actions (login required)

View Item View Item