Zain, Arina Rosada (2016) Pengaruh metode forward chaining terhadap kemampuan bina diri memakai baju berkancing pada peserta didik tunagrahita kelas VII di SMPLB Idayu 1 Malang / Arina Rosada Zain. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Zain Arina Rosada. 2016. Pengaruh Metode Forward Chaining Terhadap Kemampuan Bina Diri Memakai Baju Berkancing Pada Peserta Didik Tunagrahita Kelas VII di SMPLB Idayu 1 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Wiwik D. Hastuti S. Pd M. Pd (II) Drs. Abdul Huda M.Pd. Kata kunci Tunagrahita sedang bina diri forward chaining. Kurangnya kreativitas guru dalam memberikan pelayanan terhadap kebutuhan peserta didiknya menyebabkan peserta didik lambat dalam menerima dan memahami materi yang disampaikan guru. Pada penelitian ini peneliti memilih metode forward chaining untuk mengajarkan bina diri tahapan memakai baju berkancing pada peserta didik tunagrahita sedang. Karena dengan metode ini memudahkan guru dan peserta didik untuk memahami materi yang diberikan dan mudah untuk diajarkan karena dimulai dengan tahapan memakai baju dari awal sampai akhir sampai peserta didik benar-benar menguasai setiap tahapan dengan benar. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik tunagrahita sedang dalam kemampuan bina diri memakai baju berkancing sebelum diberikan intervensi menggunakan metode forward chaining 2) untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik tunagrahita sedang dalam kemampuan bina diri memakai baju berkancing setelah diberikan intervensi menggunakan metode forward chaining 3) pengaruh metode forward chaining terhadap kemampuan bina diri memakai baju berkancing. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan menggunakan Single Subject Reseach (SSR) dengan model A-B-A. Subjek penelitian menggunakan satu peserta didik tunagrahita sedang yang berusia 18 tahun kelas VII di SMPLB Idayu 1 Malang. Analisis data yang digunakan adalah analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan perolehan mean level yang meningkat dari baseline-1 (A1) 57 2 intervensi 96 5 dan baseline-2 (A2) 98 6. Presentase overlap antara kondisi baseline-1 (A1) ke intervensi sebesar 0% yang menunjukkan tidak ada tumpang tindih. Kesimpulan penelitian ini ada pengaruh penggunaan metode forward chaining sebagai intervensi terhadap peningkatan kemampuan bina diri memakai baju berkancing sebagai target behavior. Adapun saran bagi guru dari penelitian adalah guru dapat menggunakan metode forward chaining dalam pembelajaran bina diri lainnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8900 |
Actions (login required)
View Item |