Pengaruh media Komik Edukasi terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa tunarungu kelas VII di SMPLB B YPTB Malang / Wulan Octavia Alicha Sintamala - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media Komik Edukasi terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa tunarungu kelas VII di SMPLB B YPTB Malang / Wulan Octavia Alicha Sintamala

Sintamala, Wulan Octavia Alicha (2016) Pengaruh media Komik Edukasi terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa tunarungu kelas VII di SMPLB B YPTB Malang / Wulan Octavia Alicha Sintamala. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sintamala Wulan Octavia Alicha. 2016. Pengaruh Media Komik Edukasi Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Tunarungu Kelas VII di SMPLB B YPTB Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Mohammad Efendi M.Pd M.Kes (II) Dr. Saichudin M.Kes Kata kunci Media Komik Membaca Pemahaman Tunarungu Siswa tunarungu merupakan siswa yang mengalami hambatan dalam pendengaran yang mengakibatkan hambatan dalam perkembangan berkomunikasi dan bicara bahkan ada yang mengalami kesulitan dalam memahami suatu teks bacaan. Terganggunya indera pendengaran sangat berpengaruh terhadap penerimaan bahasa dalam bentuk suara dan juga keterbatasan kosa kata sehingga mengalami kesulitan dalam kemampuan membaca pemahaman. Maka dalam proses penerimaan bahasa siswa tunarungu lebih mengedepankan fungsi indera visual. Untuk memudahkan siswa tunarungu dalam membaca pemahaman maka dibutuhkan media yang memaksimalkan indra visualnya seperti media komik. Komik merupakan suatu media visual yang membantu siswa tunarungu menangkap ide atau informasi yang terkandung didalamnya dengan jelas karena terdapat gambar dan percakapan singkat. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman siswa tunarungu kelas VII di SMPLB B YPTB Malang sebelum dan sesudah menggunakan media komik edukasi serta menganalisa pengaruh penggunaan media komik terhadap kemampuan membaca pemahaman. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment yaitu tanpa kelompok pembanding dengan model One-Group Pre test Post test Design. Dalam Penelitian ini seluruh anggota populasi dijadikan sebagai sampel penelitian dengan jumlah 5 siswa sehingga pengujian hipotesis menggunakan statistik noparametrik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan 10 soal uraian. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil pre test dan post test. Setelah semua data terkumpul data diolah menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan kemampuan membaca pemahaman sebelum dan sesudah menggunakan media komik edukasi serta adanya pengaruh penggunaan media komik edukasi terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa tunarungu yang dibuktikan dengan uji wilcoxon sampel kecil diperoleh T0 0 Ttabel 1 atau dinyatakan H0 ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman siswa tunarungu kelas VII sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan media komik. Disarankan kepada guru agar dapat menerapkan media komik edukasi dalam pembelajaran siswa tunarungu dengan inovasi dan modifikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa untuk memudahkan membaca pemahaman siswa tunarungu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8892

Actions (login required)

View Item View Item