Setyorini, Desy (2016) Peningkatan hasil belajar matematika realistik dengan penerapan model pembelajaran snowball throwing pada peserta didik tunagrahita kelas VIII C di SMPLB Negeri Kedung Kandang Kota Malang / Desy Setyorini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Setyorini Desy. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Realistik Dengan Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Pada Peserta Didik Tunagrahita Kelas VIIIC Di SMPLB Negeri Kedungkandang Kota Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1) Dra. Sudarsini M.Pd 2) Dra. Wiwik D.Hastuti S.Pd M.Pd Kata Kunci Hasil belajar matematika realistik Model pembelajaran snowball throwing Anak tunagarahita Tunagrahita merupakan suatu kondisi di mana intelegensinya berada di bawah rata-rata dan perkembangan kecerdasannya mengalami hambatan sehingga tidak mencapai tahap perkembangan yang optimal. Jika pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran konvensional maka akan membuat siswa tunagrahita kesulitan dalam memahaminya. Model pembelajaran yang tepat adalah menggunakan snowball throwing yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan pelaksanaan penyampaian model pembelajaran snowball thoriwng dalam kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran matematika 2) mendeskirpsikan aktivitas setelah diberikan model pembelajaran snowball throwing 3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan desain PTK. Dilaksanakan dengan dua siklus. Pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi kegiatan anak lembar aktivitas penilaian kegiatan guru. Analisis data yang digunakan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Kesimpulannya yaitu pembelajaran Matematika Realsitik menggunakan model pembelajaran snowball throwing dalam 2 siklus dengan perencanaan yang telah disusun menggunakan cara-cara dalam penerapan model ini yaitu siswa membuat soal dan menggulungnya membentuk bola siswa melemparkan bola tersebut ke siswa lain siswa menjawab soal yang telah dilemparkan oleh siswa yang lainnya. Proses peningkatan sebelum dan sesudah ada kegiatan percakapan melalui model pembelajaran snowball throwing diperoleh hasil belajar sebagai berikut rata-rata nilai siswa pratindakan sebesar 52 5% dengan ketuntasan klasikal 20% pada siklus I mengalami peningkatan rata-rata nilai siswa 62 51% dengan ketuntasan klasikal 60 pada siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 87 19 dengan ketuntasan klasikal sebesar 100%. Saran yang dapat diajukan untuk guru adalah pada proses pembelajaran perlu mengembangkan model pembelajaran snowball throwing sesuai dengan kemampuan anak melalui kegiatan pembelajaran. Materi yang digunakan juga sebaiknya sesuai dengan kondisi yang nyata. Materi matematika lebih mudah dipahami dan siswa tidak merasa bosan pada saat pembelajaran di dalam kelas. Bagi peneliti lain disarankan untuk melakukan penelitian model pembelajaran yang lain dengan kondisi nyata di lingkungan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8872 |
Actions (login required)
View Item |