Hubungan antara persepsi peserta didik tentang penegakan tata tertib dengan kedisiplinan di SMKN 2 Turen / Yunita Afsari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara persepsi peserta didik tentang penegakan tata tertib dengan kedisiplinan di SMKN 2 Turen / Yunita Afsari

Afsari, Yunita (2020) Hubungan antara persepsi peserta didik tentang penegakan tata tertib dengan kedisiplinan di SMKN 2 Turen / Yunita Afsari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Afsari Yunita. 2019. Hubungan antara Presepsi Peserta Didik tentang Penegakan Tata Tertib dengan Kedisiplinan di SMKN 2 Turen. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Margono M.Pd M.Si. (2) Drs. Petir Pudjantoro M.Si. Kata Kunci Tata Tertib Sekolah Disiplin Tata tertib sekolah adalah aturan yang memuat segenap tingkah laku dan sikap peserta didik di sekolah. Pelanggaran tata tertib sekolah merupakan perilaku yang tidak disiplin. Dengan adanya penegakan tata tertib sekolah diharapkan mampu mengurangi pelanggaran tata tertib sehingga dapat membentuk kebiasaan disiplin didalam diri peserta didik. Jadi semakin tinggi penegakan tata tertib sekolah maka akan semakin tinggi pula tingkat kedisiplinan yang ada pada diri setiap peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) presepsi peserta didik tentang penegakan tata tertib di SMKN 2 Turen (2) tingkat kedisiplinan di SMKN 2 Turen (3) hubungan antara presepsi peserta didik tentang penegakan tata tertib dengan kedisiplinan peserta didik di SMKN 2 Turen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasi. Sampel diambil dari populasi peserta didik yang berjumlah 866 peserta didik diambil 75 peserta didik sebagai sampel. Sumber data diambil dari angket. Penelitian ini menggunakan rumus Product Moment Pearson untuk mengetahui ada/ tidaknya hubungan antara penegakan tata tertib dengan kedisiplinan peserta didik di SMKN 2 Turen. Uji coba instrumen telah dilakukan guna memperoleh intrumen yang valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan presepsi peserta didik tentang penegakan tata tertib di SMKN 2 Turen sangat tinggi. Hal ini dapat dilihat berdasarkan perolehan skor angket yakni terdapat 93% (70 Peserta didik) yang menjawab tata tertib sekolah telah ditegakan dengan sangat tinggi dan 7% (5 Peserta didik) yang menjawab tata tertib sekolah telah ditegakan dengan tinggi. Peserta didik SMKN 2 Turen memiliki kedisiplinan sangat tinggi. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan perolehan skor angket kedisiplinan yakni terdapat 92% (69 Peserta didik) yang memiliki kedisiplinan sangat tinggi dan 85% (6 Peserta didik) yang memiliki kedisiplinan tinggi. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi Product Moment Pearson hasil analisis perhitungan antara Variabel Presepsi Peserta Didik tentang Penegakan Tata Tertib (X) dan Variabel Kedisiplinan (Y) dapat diketahui bahwa ada hubungan antara penegakan tata tertib dengan kedisiplinan peserta didik di SMKN 2 Turen. Koefisien korelasi penegakan tata tertib dengan kedisiplinan peserta didik ini menunjukkan hasil yang signifikan yaitu rhitung 0 618 dan rtabel 0 224 (rhitung rtabel). Sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara presepsi peserta didik tentang penegakan tata tertib dengan kedisiplinan di SMKN 2 Turen dengan koefisien korelasi sebesar 0 618 0 224. Berdasarkan penelitian ini peneliti memberikan saran diantaranya (1) Bagi sekolah seluruh warga sekolah dapat lebih memahami isi pedoman tata tertib dan memperhatikan peserta didik yang melanggar peraturan sekolah dengan cara memberikan sanksi sesuai kategori pelanggaran dalam pedoman tata tertib yang berlaku di sekolah (2) Bagi peserta didik diharapkan selalu meningkatkan kedisiplinan dengan cara menaati peraturan (3) Bagi peneliti selanjutnya pada saat penyusunan instrumen penelitian kuantitatif sebaiknya subjek penelitian dan pertanyaan disusun dengan jelas supaya dapat memudahkan peneliti dalam menganalisis data yang telah diperoleh (4) Bagi program studi PPKn menjadi pembelajaran bagi calon guru PPKn ketika berhadapan langsung dengan peserta didik yang kurang disiplin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/88558

Actions (login required)

View Item View Item