Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) pada materi ancaman integrasi nasional dengan menggunakan model problem based learning di kelas X IPA 6 SMA Negeri 9 Malang / Melawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) pada materi ancaman integrasi nasional dengan menggunakan model problem based learning di kelas X IPA 6 SMA Negeri 9 Malang / Melawati

Melawati (2019) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) pada materi ancaman integrasi nasional dengan menggunakan model problem based learning di kelas X IPA 6 SMA Negeri 9 Malang / Melawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Melawati. 2019. Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Pada Materi Ancaman Integrasi Nasional dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Di Kelas X IPA 6 SMA Negeri 9 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Suparman Adi Winoto SH. M.Hum. (2) Rani Prita Prabawangi S.Hub.Int. M.Si. Kata Kunci Pembelajaraan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Problem Based Learning Indonesia merupakan negara yang sangat menjunjung tinggi pentingnya pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu sektor penting dalam pembangunan nasional. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) merupakan salah satu mata pelajaran yang membentuk moral dan karakter siswa. Namun dewasa ini siswa cenderung kurang tertarik dengan mata pelajaran PPKn karena selama ini mata pelajaran PPKn dianggap sebagai pelajaran yang hanya mementingkan hafalan semata dan kurang menekankan aspek penalaran sehingga menyebabkan rendahnya minat belajar siswa. Melihat rendahnya minat belajar siswa guru berupaya meningkatkan hal tersebut dengan memilih model pembelajaran yang tepat dengan harapan dapat meningkatkan kreativitas dan keaktivan siswa di dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu Problem Based Learning (PBL) atau model pembelajaran berbasis masalah. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk mengungkap penerapan model Problem Based Learning di kelas X IPA 6 sehingga mengambil judul Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn) Pada Materi Ancaman Integrasi Nasional dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Di Kelas X IPA 6 SMA Negeri 9 Malang Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran PPKn pada materi ancaman integrasi nasional dengan menggunakan model Problem Based Learning di kelas X IPA 6 SMA N 9 Malang (2) pelaksanaan Pembelajaran PPKn Pada Materi Ancaman Integrasi Nasional dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Di Kelas X IPA 6 SMA N 9 Malang (3) hambatan yang dialami guru dalam pelaksanaan pembelajaran PPKn dengan menggunakan model Problem Based Learning di kelas X IPA 6 SMA N 9 Malang serta (4) upaya guru mengatasi hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran PPKn dengan menggunakan model Problem Based Learning di kelas X IPA 6 SMA N 9 Malang. Penelitian ini dilakukan di SMAN 9 Malang Jalan Puncak Borobudur No. 1 Malang. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari hasil observasi wawancara dan ii dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif oleh Miles and Huberman secara garis besar sebagai berikut (1) reduksi data (2) penyajian data (Data Display) (3) penarikan/ verifikasi kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data yang diperoleh dari hasil penelitian peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil Penelitian menunjukan bahwa pertama perencanaan pelaksanaan pembelajaran pada materi ancaman integrasi nasional dengan menggunakan model Problem Based Learning direncanakan dilakukan untuk tiga pertemuan yang terdiri dari beberapa langkah-langkah atau tahapan yang harus dilaksanakan oleh setiap siswa. Tahapan tersebut terdiri dari a) tahap persiapan b) pelaksanaan dan c) tahap pengkomunikasian hasil dari laporan yang telah dibuat oleh masing-masing kelompok. Sementara untuk metode pembelajaran guru menggunakan diskusi dan media pembelajarannya menggunakan buku pegangan siswa powerpoint dan memanfaatkan media massa. Kedua pelaksanaan pembelajaran PPKn tentang ancaman integrasi (Dis Integrasi) dengan menggunakan model Problem Based Learning di kelas X IPA 6 SMA N 9 Malang dapat dibagi menjadi tiga tahap yaitu (1) kegiatan Pendahuluan yang meliputi guru mempersiapkan siswa kemudian guru melakukan apersepsi (2) kegiatan inti pada kegiatan inti dibagi menjadi 3 (tiga) yaitu penyampaian materi diskusi presentasi dan (3) penutup kegiatan ini meliputi memberikan kesimpulan dan merefleksi tentang materi yang telah dibahas. Ketiga hambatan yang dialami guru dalam penerapan model Problem Based Learning dalam proses pembelajaran yaitu meliputi masih ada siswa yang belum dapat menerima perbedaan pendapat penyalahgunaan handphone (hp) saat proses pembelajaran dan yang terakhir masih ada siswa yang pasif. Keempat upaya yang dilakukan guru mengatasi hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning yaitu menengahi perbedaan pendapat antar siswa menegur siswa yang melakukan penyalahgunaan Handphone (Hp) saat proses pembelajaran dan memberikan nilai plus kepada siswa yang aktif. Berdasarkan penelitian ini peneliti memberikan saran diantaranya (1) bagi Guru diharapkan lebih inovatif lagi dalam merancang jalannya pembelajaran di kelas agar siswa lebih bersemangat dan tetarik untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran serta lebih merata dalam memberi perhatian kepada siswa (2) bagi siswa pada saat pembelajaran siswa harus lebih memperhatikan guru dan menghargai guru agar proses pembelajaran bisa berjalan lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/88497

Actions (login required)

View Item View Item