Cahyani, Etika Nur (2015) Pengaruh penggunaan media timbangan terhadap penguasaan konsep pengukuran berat pada siswa tunagrahita kelas VII SMPLB Negeri Kedungkandang Malang / Etika Nur Cahyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nur Cahyani Etika. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Timbangan Terhadap Penguasaan Konsep Pengukuran Berat Pada Siswa Tunagrahita Kelas VII SMPLB Negeri Kedungkandang Malang Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. Abdul Huda M.Pd (II) Drs. Tomas Iriyanto M.Pd Kata kunci penguasaan konsep pengukuran berat media timbangan matematika Peserta didik tunagrahita adalah anak yang memiliki keterbatasan taraf kecerdasan dan keterampilan adaptif. Karakteristik tunagrahita yang lemah dalam berpikir abstrak perlu suatu pendekatan pembelajaran. Konsep pengukuran berat pada siswa tunagrahita merupakan suatu konsep abstrak. Penguasaan konsep berat yang terjadi pada siswa tunagrahita bahwa benda yang kelihatan lebih besar atau lebih banyak pasti lebih berat. Konsep yang terjadi demikian berimplikasi pada pendekatan pembelajaran yang digunakan pendidik dalam menanamkan konsep pengukuran berat secara benar. Untuk itu sebelum siswa melangkah mempelajari konsep berat yang sebenarnya perlu dijembatani dengan konsep nyata dari timbangan dan proses menimbang untuk memastikan sifat berat suatu benda. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana penguasaan konsep pengukuran berat siswa tunagrahita kelas VII SMPLB Negeri Kedungkandang Malang pada kondisi baseline (2) Bagaimana penguasaan konsep pengukuran berat siswa tunagrahita kelas VII SMPLB Negeri Kedungkandang Malang pada kondisi intervensi (3) Adakah pengaruh penggunaan media timbangan terhadap penguasaan konsep pengukuran berat pada siswa tunagrahita kelas VII SMPLB Negeri Kedungkandang Malang Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Single Subject Research (SSR) dengan model A-B-A dan menggunakan satuan ukur skor. Subjek penelitian ini adalah salah satu siswa tunagrahita yang kelas VII di SMPLB Negeri Kedungkandang Malang pada tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis dan non tes (observasi). Analisis data yang digunakan adalah analisis visual dalam kondisi dan analisis visual antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media timbangan terhadap penguasaan konsep berat. Hal ini dinyatakan dalam perhitungan persentase overlap antara fase baseline-1 ke fase intervensi sebesar 0% dan fase intervensi ke fase baseline-2 sebesar 80%. c Kesimpulan dari penelitian ini adalah media timbangan yang diterapkan pada siswa tunagrahita kelas VII SMPLB memiliki pengaruh terhadap penguasaan konsep berat. Hal tersebut ditunjukkan melalui adanya peningkatan penguasaan konsep pengukuran berat pada saat sebelum dan sesudah diberikan intervensi berupa media timbangan. Adapun saran bagi guru dari hasil penelitian ini adalah guru dapat menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8835 |
Actions (login required)
View Item |