Pengembangan media pembelajaran IPA materi gaya berbasis flash pada siswa kelas VIII SMPLB Bagian B ()Tunarunggu) YPTB Kota Malang / Dian Dwiyanti Zahroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran IPA materi gaya berbasis flash pada siswa kelas VIII SMPLB Bagian B ()Tunarunggu) YPTB Kota Malang / Dian Dwiyanti Zahroh

Zahroh, Dian Dwiyanti (2015) Pengembangan media pembelajaran IPA materi gaya berbasis flash pada siswa kelas VIII SMPLB Bagian B ()Tunarunggu) YPTB Kota Malang / Dian Dwiyanti Zahroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zahroh Dian Dwiyanti. 2015. Pengembangan media Pembelajaran IPA Matri Gaya Berbasis Flash Pada Siswa Kelas VIII SMPLB bagian B (Tunarungu) YPTB Kota Malang Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Moh. Efendi M.Pd. M.Kes (2) Drs. Ir. Endro Wahyuno M.Si Kata Kunci media pembelajaran flash tunarungu IPA Materi Gaya Tunarungu adalah seseorang yang mengalami keterbatasan dalam pendengarannya. Keterbatasan tersebut membuat siswa tunarungu mengalami hambatan dalam berkomunikasi sehingga siswa tunarungu membutuhkan media dalam proses pembelajaran. IPA adalah salah satu pelajaran yang bersifat verbal. Pelajaran IPA khususnya materi gaya untuk anak tunarungu sangat membutuhkan media. Media tersebut berfungsi untuk membantu guru menjelaskan materi. Berkaitan dengan itu maka pengembangan media pelajaran IPA materi gaya sangat dibutuhkan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan produk IPA materi gaya berbasis flash. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kulitatif dan kuantitatif. Data penilaian yang berupa kritik dan saran merupakan data kualitatif sedangakan data penilaian yang berupa pilihan ganda merupakan data kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa angket terbuka dan tertutup yang diberikan kepada beberapa ahli yaitu ahli media ahli materi dan ahli praktisi. Kegiatan analisis data menggunakan metode yang dikembangkan oleh Lee Owens dimulai dari tahap analisis dan penelitian tahap desain tahap pengembangan dan implementasi dan tahap evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa media berbasis flash dapat digunakan dalam pembelajaran dengan bukti yang valid serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA materi gaya. Kevalidan tersebut ditunjukkan dengan hasil validasi ahli media yang menghasilkan skor 85% ahli materi menghasilkan skor 87% ahli praktisi menghasilkan skor 86 7%. Sehingga disarankan bagi guru agar pembelajaran selanjutnya menggunakan media berbasis flash atau sejenisnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8818

Actions (login required)

View Item View Item