Penerapan menggambar kolase untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak tunagrahita kelas II di SDLB Muhammadiyah Jombang / Erfin Candra Dwi Hidayat - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan menggambar kolase untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak tunagrahita kelas II di SDLB Muhammadiyah Jombang / Erfin Candra Dwi Hidayat

Hidayat, Erfin Candra Dwi (2015) Penerapan menggambar kolase untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak tunagrahita kelas II di SDLB Muhammadiyah Jombang / Erfin Candra Dwi Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayat Erfin Candra Dwi 2015 Penerapan Menggambar Kolase Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Siswa tunagrahita kelas II Di SDLB Muhammadiyah Jombang Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd M.Pd (II) Drs. Ir Endro wahyuno M. Si. Kata kunci menggambar kolase menulis permulaan tunagrahita Tunagrahita merupakan anak yang dalam perkembangannya mengalami keterlambatan fisik ataupun hambatan kecerdasan serta kemampuan motoriknya lebih rendah dari pada anak normal dan dampak negative yang ditimbulkan jika motorik halus tidak berkembang dengan optimal maka anak akan mengalami banyak masalah dalam pembelajaran menulis khususnya dalam pembelajaran menulis permulaan. berdasarkan karakteristik tersebut pembelajaran menggambar kolase dapat dijadikan salah satu solusinya. Tujuan dari penelitian ini mendiskripsikan 1) penerapan menggambar kolase dalam meningkatan kemampuan menulis permulaan pada siswa tunagrahita kelas II di SDLB Muhamadiyah Jombang dan 2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis permulaan melalui penerapan menggambar kolase pada siswa tunagrahita kelas II di SDLB Muhamadiyah Jombang. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas merupakan pengembangan sebuah program baru guna memecahkan permasalahan yang ditimbul dilapangan. Penelitian tindakan kelas ini dirancang dalam bentuk 2 siklus dimana pada setiap siklus PTK terdiri atas empat tindakan yaitu (1)perencanaaan (2)tindakan (3)observasi dan (4)refleksi. Hasil dari penelitian ini ialah penerapan menggambar kolase dapat dilakukan dengan beberapa tahapan mulai dari guru menyiapkan alat dan bahan kemudian guru menjelaskan langkah-langkah dalam menggambar kolase hingga guru mempersilahkan siswa untuk mulai menggambar kolase. Menggambar kolase dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada siswa tunagrahita di SDLB Muhammadiyah Jombang Hal ini terlihat dari meningkatkan hasil belajar siswa yang pada siklus ke-1 sebesar 50% meningkatkan menjadi 75% pada siklus ke-2. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan menggambar kolase dapat digunakan dalam pembelajaran menulis permulaan pada siswa tunagrahita di SDLB Muhammadiyah Jombang dan bagi guru untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa tunagrahita maka disarankan untuk menerapkan menggambar kolase.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8805

Actions (login required)

View Item View Item