Jaya M., M. Firdaus (2015) Penggunaan media penggaris bilangan pintar untuk meningkatkan hasil belajar operasi hitung penjumlahan pada siswa kelas VIII SMPLB-B YPTB Malang / M. Firdaus Jaya M. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mandiri M. Firdaus Jaya 2015. Penggunaan Media Penggaris Bilangan Pintar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Penjumlahan Pada Siswa Kelas VIII SMPLB-B YPTB Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.Tomas Iriyanto SPd M.Pd (II) Dra.Wiwik Dwi Hastuti S.Pd M.Pd Kata kunci Media Penggaris Bilangan Pintar Hasil Belajar Operasi Hitung Penjumlahan Tunarungu Berdasarkan hasil observasi peneliti di SMPLB-B YPTB Malang diperoleh informasi bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan untuk melakukan operasi hitung penjumlahan bilangan bulat (-10) sampai 10. Salah satu penyebabnya yaitu karena guru hanya mengajar konvensional tanpa ada media yang digunakan untuk mempermudah siswa dalam menjumlah bilangan bulat. Kondisi pembelajaran seperti ini belum sepenuhnya dapat memfasilitasi peserta didik dalam mencapai kompetensi yang diharapkan juga belum dapat melibatkan mereka dalam proses pembelajaran secara aktif. Untuk itu dalam penelitian ini digunakan media penggaris bilangan pintar untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) mendeskripsikan penggunaan media penggaris bilangan pintar pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar operasi hitung penjumlahan pada siswa kelas VIII SMPLB-B YPTB Malang dan (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar operasi hitung penjumlahan pada siswa kelas VIII SMPLB-B YPTB Malang setelah diajarkan dengan media penggaris bilangan pintar. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan prosedur penelitian yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus meliputi 4 tahapan (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Siklus I dilaksanakan pada 16 dan 17 Maret 2015 dan siklus II dilaksanakan pada 23 dan 24 Maret 2015. Pada setiap siklus dilakukan pengamatan terhadap aktivitas siswa dan evaluasi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian pada siklus I diperoleh hasil rata-rata mencapai 69 70% dengan ketuntasan belajar kelas 33 33%. Sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata kelas mencapai 88 96% dengan ketuntasan belajar kelas 100%. Hasil evaluasi siklus II telah mencapai indikator keberhasilan yaitu ketuntasan belajar individual minimal 70 ketuntasan belajar kelas 70%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penggunaan media penggaris bilangan pintar dapat meningkatkan hasil belajar operasi hitung penjumlahan pada siswa kelas VIII SMPLB-B YPTB Malang. Dengan demikian guru diharapkan menggunakan media penggaris bilangan pintar pada pembelajaran matematika agar hasil belajar operasi hitung penjumlahan siswa dapat meningkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8796 |
Actions (login required)
View Item |