Dianita, Agnes (2014) Upaya meningkatkanhasil belajar bahasa indonesia melalui metode maternal reflektif bagi anak tunarungu kelas IV di SLB Sarawiyata Wlingi Kabupaten Blitar / Agnes Dianita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Dianita Agnes. 2014. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Metode Maternal Reflektif bagi Anak Tunarungu Kelas IV di SLB Sariwiyata Wlingi Kabupaten Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Luar Biasa Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd M.Pd (II) Drs. H. Sutrisno S.Pd M.Pd. Kata Kunci Hasil Belajar Kemampuan Berbahasa Metode Maternal Reflektif 12288 12288 12288 12288 Masalah ini berawal dari observasi diketahui bahwa di SLB Sariwiyata Wlingi Kabupaten Blitar kemampuan berbahasa anak tunarungu apabila mengungkapkan bahasa baik secara lisan maupun tulisan susunan kalimatnya rancu atau susunan kalimatnya terbalik dan tidak tersusun secara sistematis. Pada akhir bacaan permulaannya sudah terlupa. Bila bacaan pendek hal-hal yang sederhana itu dapat dimengerti tetapi bila cerita panjang atau membaca buku misalnya mereka biasanya kewalahan. Hal ini belum diperhatikan oleh guru didaktiknya yang berakibat anak-anak tidak sampai pada taraf membaca. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan pelaksanaan teknik penyampaian Metode Maternal Reflektif dalam kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia 2) mendeskripsikan aktivitas setelah diberikan Metode Maternal Reflektif 3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan desain PTK. Dilaksanakan dengan dua siklus. Subyek penelitian ini adalah anak tunarungu di SLB Sariwiyata Wlingi Kabupaten Blitar sebanyak 4 anak. Pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi kegiatan anak lembar aktivitas penilaian kegiatan guru dan unjuk kerja anak. Analisis data yang digunakan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan Metode Maternal Reflektif dilaksanakan dalam 2 siklus dengan perencanaan yang telah disusun menggunakan cara-cara dalam penerapan metode ini yaitu tempat duduk dibuat setengah lingkaran dan posisi guru berada di tengah-tengahnya melakukan percakapan yang seluas-luasnya menurut isi hati masing-masing siswa dan guru menanggapi kemudian menuliskan balon percakapan tersebut di papan tulis setelah itu guru mengarahkan siswa pada materi denah lokasi. Proses peningkatan sebelum dan sesudah ada kegiatan percakapan melalui Metode Maternal Reflektif diperoleh hasil belajar sebagai berikut rata-rata nilai siswa pratindakan sebesar 46 25% dengan ketuntasan klasikal 25% pada siklus I mengalami peningkatan rata-rata nilai siswa 56 25% dengan ketuntasan klasikal 25% pada siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 90% dengan ketuntasan klasikal sebesar 100%. Saran bagi guru dari pengalaman melaksanakan Metode Maternal Reflektif ini diharapkan guru dapat mengembangkan model pembelajaran untuk pokok bahasan serupa pada semua mata pelajaran lainnya serta dapat mentransfer pengalamannya kepada guru yang lainnya
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8743 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |