Indrawati, Reni Dwi (2014) Pengembangan buku panduan pengemasan sayur organik bagi siswa tunagrahita ringan SMALB di SLB PTN bagian C Lawang Malang / Reni Dwi Indrawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Indrawati Reni Dwi. 2014. Pengembangan Buku Panduan Pengemasan Sayur Organik Bagi Siswa Tunagrahita Ringan SMALB di SLB PTN Bagian C Lawang Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Luar Biasa Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Wiwik Dwi Hastuti M.Pd (2) Dra. Sudarsini M.Pd. Kata kunci buku panduan pengemasan sayur organik tunagrahita ringan Adanya hambatan guru dalam mengajar dikarenakan belum tersedianya bahan ajar yang memadai untuk itu perlu pengembangan bahan ajar. Bahan ajar yang disusun harus disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik. Karakteristik siswa tunagrahita ringan yang mampu dididik mempunyai kemampuan berfikir kongkrit dan sukar berfikir tidak mampu menyimpan instruksi sulit harus menggunakan kata sederhana dan mudah dipahami sehingga mengharuskan guru untuk membuat suatu bahan ajar yang inovatif kreatif menarik dan kontekstual. Pengembangan buku panduan pengemasan sayur organik ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk bahan ajar yang dapat mengatasi hambatan dalam proses pembelajaran keterampilan pertanian. Selain itu juga dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi dalam belajar dan mampu meningkatkan keterampilan yang dikuasai siswa tunagrahita ringan. Rancangan penelitian ini menggunakan Research and Development (R D). Populasi dari penelitian ini adalah siswa tunagrahita ringan yang mengikuti pembelajaran keterampilan pertanian yang terdiri dari 4 siswa. Prosedur penelitian dan pengembangan ini terdiri dari (a) identifikasi kebutuhan (b) perumusan tujuan (c) pengembangan materi (d) perancangan bahan ajar (e) produksi (f) validasi (g) revisi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif berupa jenis data kuantitatif berdasarkan instrumen validasi ahli bahan ajar ahli materi calon pengguna (instruktur) dan audiens (siswa). Hasil penelitian pengembangan buku panduan pengemasan sayur organik bagi siswa tunagrahita ringan ini menunjukkan bahwa bahan ajar dinyatakan sangat valid oleh ahli bahan ajar dengan perolehan skor 99 valid oleh ahli materi dengan perolehan skor 83 dan cukup valid oleh calon pengguna dengan perolehan skor 70. Dari ketiga ahli diperoleh skor rata-rata sebesar 84 yang dinyatakan bahwa bahan ajar inovatif ini valid. Uji coba awal pada siswa tunagrahita ringan yang mengikuti pembelajaran keterampilan pertanian berjumlah 4 siswa juga dinyatakan sangat valid atau efektif dengan perolehan skor 85 125%. Produk buku panduan pengemasan sayur organik yang disusun dan disesuaikan dengan karakteristik siswa tunagrahita ringan dibuat semenarik mungkin dan sederhana sehingga mudah untuk dipahami siswa dengan menggunakan ilustrasi komik dan gambar atau foto. Disarankan bagi calon pengguna untuk mengimplementasi program keterampilan mengemas sayur organik hendaknya diberikan sejak dini jangan jenjang SMALB saja karena dengan pengenalan sejak dini maka siswa akan terbiasa dengan pekerjaan tersebut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 May 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8740 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |