Survei motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani pada siswa kelas VIII SMP Negeri se Kota Blitar / Rahmat Effendy - Repositori Universitas Negeri Malang

Survei motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani pada siswa kelas VIII SMP Negeri se Kota Blitar / Rahmat Effendy

Effendy, Rahmat (2019) Survei motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani pada siswa kelas VIII SMP Negeri se Kota Blitar / Rahmat Effendy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Effendy Rahmat. 2019. Survei Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pada Kelas VIII SMP Negeri Se-Kota Blitar. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Mu arifin M.Pd. Kata Kunci motivasi pendidikan jasmani SMPN Se-Kota Blitar Berdasarkan pengalaman peneliti saat melaksanakan kajian praktik lapangan (KPL) di SMP Negeri 9 Malang dalam proses pembelajaran peserta didik cenderung masih lemah dari segi motivasinya untuk mengikuti pembelajaran dengan sungguh-sungguh terutama saat kegiatan inti sedang berjalan. Berdasarkan hasil observasi melalui wawancara yang dilakukan peneliti dengan Bapak Sugeng Meilana S.Pd selaku ketua MGMP PJOK Kota Blitar hasil yang diperoleh dari observasi menjelaskan bahwa belum ada data penelitian tentang motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani pada siswa SMP Negeri di Kota Blitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana motivasi siswa kelas VIII dalam mengikuti pembelajar pendidikan jasmani di SMP Negeri Se-Kota Blitar berikutnya untuk mengetahui motivasi intrinsik dan ekstrinsik siswa kelas VIII untuk mengetahui bagaimana perbedaan tingkat motivasi siswa perempuan dan laki-laki kelas VIII berikutnya untuk untuk mengetahui bagaimana perbedaan tingkat motivasi intrinsik dan ekstrinsik siswa perempuan dan laki-laki kelas VIII dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di SMP Negeri Se-Kota Blitar. Metode penelitian ini peneliti menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini hanya akan berfokus pada satu variabel yaitu motivasi siswa mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani. Total populasi dalam penelitian ini sebanyak 2498 siswa kelas VIII SMP Negeri Se-Kota Blitar. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling purposive. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket dengan skala penilaian menggunakan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini analisis data kuantitatif deskriptif dengan persentase dan Uji beda menggunakan independent sample t-test. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan yaitu (1) hasil penelitian untuk tingkat motivasi siswa kelas VIII SMP Negeri Se-Kota Blitar diperoleh hasil persentase yaitu 77 73% yang termasuk dalam kategori baik (2) hasil penelitian untuk tingkat motivasi intrinsik siswa kelas VIII SMP Negeri Se-Kota Blitar diperoleh hasil persentase yaitu 80 74% yang termasuk dalam kategori baik (3) hasil penelitian untuk tingkat motivasi ekstrinsik siswa kelas VIII SMP Negeri Se-Kota Blitar diperoleh hasil persentase yaitu 74 71% yang termasuk dalam kategori baik (4) terdapat perbedaan secara signifikan tingkat motivasi antara siswa kelas VIII perempuan dan siswa kelas VIII laki-laki di SMP Negeri Se-Kota Blitar dengan hasil 0 001 0 05 yang artinya hipotesis diterima (5) terdapat perbedaan secara signifikan tingkat motivasi intrinsik antara siswa perempuan dan laki-laki di SMP Negeri Se-Kota Blitar dengan hasil 0 000 0 05 yang artinya hipotesis diterima (6) tidak ada perbedaan secara signifikan tingkat motivasi ekstrinsik antara siswa perempuan dan laki-laki di SMP Negeri Se-Kota Blitar dengan hasil 0 026 0 05 yang artinya hipotesis ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat motivasi siswa kelas VIII di SMP Negeri Se-Kota Blitar termasuk dalam kategori baik hasil motivasi intrinsik termasuk dalam kategori baik hasil motivasi ekstrinsik termasuk dalam kategori baik terdapat perbedaan secara signifikan hasil tingkat motivasi siswa perempuan dan laki-laki terdapat perbedaan secara signifikan hasil tingkat motivasi intrinsik siswa perempuan dan laki-laki tidak ada perbedaan secara signifikan hasil tingkat motivasi ekstrinsik siswa perempuan dan laki-laki. Saran yang dapat diberikan kepada guru pendidikan jasmani di SMP Negeri Se-Kota Blitar hendaknya mengembang rencana perangkat pembelajaran yang lebih baik dan tentunya berdampak untuk meningkatkan motivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah. SUMMARY Effendy Rahmat. 2019. Student Motivation Survey In Following Learning of Education Physical in Class VIII of Blitar City Middle School. Thesis Department of Physical and Health Education Faculty of Sport Sciences Malang State University. Advisors (1) Dr. Mu arifin M.Pd. Keywords motivation physical education Blitar City Middle School Based on the experience of researchers while carrying out field practice studies (MPAs) in Malang State Middle School 9 in the learning process students tend to be still weak in terms of motivation to take learning seriously especially when core activities are underway. Based on the results of the observation through interviews conducted by researchers with Mr. Sugeng Meilana S.Pd as chairman of the Blitar PJOK MGMP the results obtained from the observations explained that there were no research data on students motivation in participating in physical education learning in Public Middle School students in Blitar. The purpose of this study was to find out how the motivation of class VIII students to participate in physical education learners in Blitar City Middle School then to find out the intrinsic and extrinsic motivation of class VIII students to find out how the motivation level of class VIII students and girls was different. next to find out how the differences in the level of intrinsic and extrinsic motivation of female and male students of class VIII in attending physical education learning in Blitar City Middle School. This research method uses quantitative descriptive research. This study will only focus on one variable namely the motivation of students taking physical education learning. The total population in this study was 2498 eighth grade students of Blitar City Middle School. The sampling technique is done using purposive sampling. The instrument used in this study uses a questionnaire instrument with a rating scale using a Likert scale. Data analysis techniques used in this study are quantitative descriptive data analysis with percentages and different tests using independent sample t-test. From the results of data analysis conclusions were obtained (1) the results of the study for the motivation level of class VIII Blitar City Middle School students the percentage results obtained were 77.73% which included in the good category (2) the results of the research Grade VIII students of Blitar City Middle School the percentage results obtained were 80.74% which were included in the good category (3) the results of the study for the level of extrinsic motivation in class VIII Blitar City Middle School students the percentage results were 74.71 % included in the good category (4) there is a significant difference in the level of motivation between female class VIII students and male grade VIII students in Blitar City Middle School with a result of 0.001 0.05 which means the hypothesis is accepted (5) there is a significant difference in the level of intrinsic motivation between female and male students in Blitar City Middle School with the results of 0 000 0.05 which means the hypothesis is accepted (6) there is no difference significant level of extrinsic motivation between female and male students in Blitar City Middle School with a result of 0.026 0.05 which means the hypothesis is rejected. Based on the results of the study it can be concluded that the motivation level of class VIII students in Blitar City Middle School is included in the good category the results of intrinsic motivation are included in the good category the results of extrinsic motivation are included in the good category there are significant differences in the results of female and male student motivation levels. Yes there are significant differences in the results of the level of intrinsic motivation of male and female students there is no significant difference in the results of the level of extrinsic motivation of female and male students. Suggestions that can be given to physical education teachers in Blitar City Middle School should develop a plan for learning devices that are better and certainly have an impact on increasing the motivation of students to take physical education learning at school.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/87181

Actions (login required)

View Item View Item