Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran di MTs Negeri 1 Malang <BR>oleh Agus Purnomo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran di MTs Negeri 1 Malang <BR>oleh Agus Purnomo

Purnomo, Agus (2003) Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran di MTs Negeri 1 Malang <BR>oleh Agus Purnomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purnomo Agus. 2003. Pemanfbatan Internet Senagui Media Pembelalarun Di Mfs Negeri I Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan. FIP UniversitasN egeri Malang. Pembimbing (1) H. Ibrahim M .Sc (2) Drs. Joseph Mbulu M.Pd Kata Kunci PemanfaatanI n ternet Media Pembelajlaran Sebagai perwujudan dari tujuan peningkatan kualitas pendidikan di MTs Negeri I Malang maka keberadaanm edia pembelalarans angatd ibutuhkang una menunjangk egiatanp embelajaranS. epertih alnyal aboratoriumc omputer( internet) yangd igunakans ebagati empatm enambahd an memantapkanp engetahuante mpat mengembangkakne trampilanp roses t empat membina sikap dan sebagait empat berpraktikuma tas teori yang telah diberikan. Laboratoriumc omputer (internet) adalah salah satu bentuk media pembelajaran yang dapat digunakan untuk memecahkamn asalahp endidikank hususnyam asalahk ualitasm utu pendidikand an belajajra rakj auh. Pemanfaatainn ternets ebagami ediap embelajaradni rancangu ntuk memfasilitasik egiatanb elajar untuk mencapait ujuan pembelajarany ang efektif dan efisien. Dari permasalahayna ng dimunculkana da empat permasalahayna ng perlu dikajiyaitu (l) Pemanfaatainn ternets ebagami ediap embelajaradni MTs Negeri I Malang (2) Kondisi laboratorium computer (intemet) (3) Faktor penghambat pemanfaataint emets ebagami ediap embelajaran(4 ) factorp endukungp emanfaatan intemets ebagami ediap embelajaarn . Penelitiani ni dilakukand i MTs Negeri 1 Malangy ang menggunakajne nis penelitian deskriptif kv itatif. Dengan mengambil populasi seluruh siswa kelas I bequmlah2 80 sisway ang terbagi menjadi7 kelas d iambil samples ebanyak5 0% darip opulasyi aitu 140s isway ang diambil secarara ndoms amplingI.n strumenyt ang digunakand alamp enelitiani ni adalahd engana ngket d enganm enggunakatne knik analisisd atap ersentase. Hasil penelitian (1) PemanfaatanIn temet sebagaiM edia Pembelajarand i MTs Negen I Malang t elah ditetapkank riteria kualifikasi sebagabi erikut Sangat Efektif Efektil Cukup Efektif dan Kurang efektif. Berdasarkana nalisisd ata maka diperolehh asil sebagami anay angd iharapkano leh semuap ihakb ahwap emanfaatan internet sebagai media pembelajaran dapat dikatakan efektif. Keefektifan pemanfaatainn temet sebagaim edia pembelajarand itinjau dari telah tercapainya tujuanu tamap emanfaatainn temety aitu 1. Dapat memberikank emudahanb elajar bagi siswa 2 . Dapat meningkatkanp restasib elajar siswa 3. Dapat menambah wawasanin formasid an ilmu pengetahuasni swa.S ecarak eseluruhank etiga tujuan tersebust udaht ercapai(. 2) Kondisi laboratoriumc omputer( internet)d i MTs Negen I Malang secara keseluruhan dapat dikategorikan baik. Hal ini berdasarkan hasil penelitiany ang menyebutkanb ahwam ulai dari luas ruanganv entilasiu dara l ampu peneranganc ara perawatans erta kebersiharuryad alam keadaaqb aik. (3) Faktor_ faktor penghambadt alam pemanfaatanin temet sebagaim edia pembelajarand i MTs Negeri I Malang menurut datayangd iperolehd ari respondente rnyatas elamap roses pembelajaranin ternet cukup sering terjadi kerusakan.K erusikan yang ieqadi sebagaiabne sard rsebabkaonl eh faktor hardwared an softwareK. erusakanh ardware biasanyad isebabkano leh harddiskd an monitor sedangkanu ntuk kerusakans oftware diakibatkano leh hilangnyas alahs atu program.( 4) Factor-faktorp endukungd alam pemanfaatanin ternet sebagami edia pembelajarand i MTs Negeri I Malang menurut data yang diperoleh dibagi menjadi 3 bagian yaitu (l) curu (2) siswa (J) sekotah. Dukungany ang berasald ari guru dapatb erupa cara penyampaianm ateri yang dapat denganm udahd iterimas iswa s elaini tu juga parag uru pengajamyaa dalahi uluian Sl. Dukungany ang berasald ari siswa berupap enguasaapnr ogramw indowso leh siswas- ebelump embelajaranb erlangsungs. edangkand ukungand ari pihak sekolah adalahb erupap enyediaanfa silitasl aboratoriumy ang lengkaps ertaj enis computer yang handal. untuk pengelolaalna boratonumc omputer( intemet) harust erusd itingkatkan baiky angb erupaf asilitas h ardwarem aupuns oftwares ertak ondisif isik laboratorium computer. Terutama untuk kedua komponen yaitu hardware dan software dalam perkembangante knologinyas angatc epat sehinggak ita dituntut untuk selalu dapat mengkutinya.s elain itu juga pembelajarainn temety ang dilakukand i MTs Negeri t Ma]an__Sm asih cukup sering terjadi gangguan p enyebabt eryadinyag angguan seringkali diakibatkan oleh hilangnya program sehingga tentu sija inl oiatiuartcan dari kesalahans iswa yang usil atau belum bisa. utuk mengatasih al ini penulis menyarankank epadap a.ras iswa untuk tidak melakukanh al-hal diluar konteksy ang diajarkano leh guru.s ehinggah ambatante rsebuta kand apatdiminimalisir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Mar 2003 04:29
Last Modified: 09 Sep 2003 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/867

Actions (login required)

View Item View Item