Pengembangan media rumah aksara untuk keaksaraan awal anak usia dini / Ratna Dwi Kurniasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media rumah aksara untuk keaksaraan awal anak usia dini / Ratna Dwi Kurniasari

Kurniasari, Ratna Dwi (2019) Pengembangan media rumah aksara untuk keaksaraan awal anak usia dini / Ratna Dwi Kurniasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Kurniasari Ratna Dwi. 2019. Pengembangan Media Rumah Aksara Untuk Keaksaraan Awal Anak Usia Dini. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ahmad Samawi M.Hum. (II) Eny Nur Aisyah S. Pd.I M. Pd. Kata Kunci Media Rumah Aksara Keaksaraan Awal Anak Usia Dini Penelitian ini didasarkan analisis kebutuhan pada 5 TK di Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang ditemukan fakta bahwa kegiatan pembelajaran keaksaraan awal pada anak belum menggunakan media yang menarik. Media yang sering digunakan guru adalah papan tulis buku tulis anak poster huruf dan LKA sehingga keaksaraan awal anak belum optimal. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk keaksaraan awal berupa Media Rumah Aksara yang efektif efisien dan menarik yang berguna untuk menstimulus keaksaraan awal anak usia 5-6 tahun. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model penelitian Borg dan Gall kemudian diadaptasi menjadi 7 langkah penelitian karena keterbatasan peneliti. Hasil pengembangan berupa produk Media Rumah Aksara. Penelitian pada pelaksanaan kegiatan uji coba kelompok kecil diberikan kepada 10 anak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan 2 Jatiguwi. Pelaksanaan uji coba kelompok besar diberikan kepada 79 anak kelompok B di 5 TK yaitu TK Dharma Wanita Persatuan 2 Jatiguwi TK PGR1 2 Sumberpucung TK ABA 10 Sumberpucung TK Dharma Wanita Persatuan 1 Jatiguwi dan TK Budi Pratama. Hasil tinjauan dari para ahli yang memvalidasi diperoleh rata-rata persentase 90 31% dengan kriteria keefektifan keefisienan dan kemenarikan sehingga media dinyatakan sangat valid berdasarkan tingkat kelayakan meskipun masih diperlukan perbaikan. Hasil uji coba kelompok kecil dengan hasil persentase 91 81% dan pada uji coba kelompok besar sebanyak 94 47%. Dengan demikian hasil tinjauan para ahli dan hasil observasi pada uji coba dapat disimpulkan bahwa Media Rumah Aksara telah memenuhi kriteria kelayakan dengan kualifikasi sangat valid dan layak digunakan sebagai media untuk menstimulus keaksaraan awal anak usia 5-6 tahun yang efektif efisien dan menarik. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat memperbaiki bahan yang lebih tahan lama dengan variasi tema yang lain sesuai pembelajaran anak usia dini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8607

Actions (login required)

View Item View Item