Relevansi isi buku teks IPA SD kelas V cawu 2 dengan pendekatan ketrampilan proses <BR>oleh Risydah Nadlirah - Repositori Universitas Negeri Malang

Relevansi isi buku teks IPA SD kelas V cawu 2 dengan pendekatan ketrampilan proses <BR>oleh Risydah Nadlirah

Nadlirah, Risydah (2002) Relevansi isi buku teks IPA SD kelas V cawu 2 dengan pendekatan ketrampilan proses <BR>oleh Risydah Nadlirah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK NadliraRhi s ydah2.0 02R. elevansIis i Buku TeksI PA SD KelasV Cawu2 DengaPn endekataKn etrampilanP rosesS. knpsi.J urusaTn eknologi PendidikaFniP U niversitaNs egenM alangP embimbing( l) DrsA .l E ToenlioeMn. Pd (ll) Drs.M usaS ukardMi .Pd. Krtr kunci I si bukut eks p endekatakne trampilanp roses Bidangte knologpi ernbelarj anm embekria na lternatisf is temp embelalaran melaluui payam engoptimalkapnr osesd ans umbebr elalar.S umberb elajard apat berupapesoarna n gb ahana lat t eknikd anl ingkunganB.a hanb elaiabr erupab uku teksm erupakasnu mbebr elajary angb anyakd imanfaatkadna lanrp roses pembelajarHaanl i ni disebabkabnu kut eksm ernilikki elebihanya ngk hasy ang sangamt enunianpge mbelaiaranS elains umbebr ela-iadr anh asilb elalar p roses belajarjugma erupakaans pekp cntingd alamp embelajaranP.r osesb elajart erkaite rat dengapne ndekatapne mbelaai rany a ng dig unakanP. rosesp embeal 1a rany ang mengembangkkaenm arnpuasni swau ntukm enemukadna n mengolahp engetahuan yangdiperolehnsyaan gast esuadi enganp erkembangailnm u pengetahuayna ng membutuhkmana nusiay angk eatif dank ritis.P rosesp embelajaratne rsebudt apat digunakadna lamp embelajaradni sekolahy angd isebutd enganp endekatan ketrampilapnro sesD iharapkans rswad apatm engembangkakne mampuannyuan tuk menemukadna nm engembangkapne ngetahuayna ngd imilikinya denganp enerapan pendekatakenf rampilanp roses. Prosesd ans umbebr elalarh aruss alingm endukungO. lehk arenait u buku teksy angd imanfaatkadna lamp embelajarahna russ esuadi enganp endekatan pembelajaryaann gd igunakanS aati ni banyakb ukut eksy angd iterbitkans ebagai sumbebre lajarN. amund e.mikianm unculp ermasaiahaanp akahb ukuy angb eredar dapamt elibatkans iswab elajars ecaraa kttfdans esuadi engank arakteristiks iswa SekolaDh asar. Tujuanp enelitianin i adalahu ntukm engetahukie sesuaiains i bukut eksI PA SDK elasV denganp endekatakne trampilanp rosesK. esesuaiains i beikrt er ks meliputki esesuaianna skahd alamb ukut eksI PA SD KelasV denganp endekatan ketampilanp rosesk esesuaiadni agramd ang ambard alamb ukut eksI PA SD Kelas V dengapne ndekatakne trampilanp rosesd ank esesuaiapne rtanyaapna daa khlrb ab dalamb ukut eksI PA SD KelasV denganp endekatakne trampilanp roses. Metoded eskiptif dipakaid enganm enggunakadno kumens ebagaki ajian. Sampeple nelitianin i diperolehd enganm enggunakatenk nik purposit d ipilih 3 buku teksIP A SD KelasV yaitu buku teksI PA SD KelasV terbitanE rlanggak arangan DrsH anyanto bukute ks IPA SD Kelas V terbitanl ntan Pariwarak arangant rm penulisIn tanP anwarab ukut eksI PA SD KelasV terbitanD IKNAS karangan HadiatK. emudiand ipilih lagi satup okokb ahasand ari setiapb ukutekss ebagai sampedl enganm enggunakatne knikp urposiflugad ipilih pokokb ahasang aya. Analisdisa tad alamp enelitianin i adalaha nalisisk ualitatif melaluip erhitungan Frsentaskee sesuaiaisni bukut eksd enganp endekatakne trampilanp roses. Hasilp enelitianin i menunlukkanu ntuk kesesuaianna skahd engan pendekatkaent rampilapnr osesn askahd alamd uab uku teksI PA SD kurangs esuai dengapne ndekatakne trampilanp rosesy aitu buku teksI PA SD terbitanE rlangga (42 85%da) nbukute ksI PA SDterbitanD IKNAS (51 21%)s edangkanbukuteks IPAS Dt erbitanln tanP ariwarati dak sesuadi enganp endekatakne tramnpilanp roses dengapne nentase27 86oD/oa.l amb uku teksI PA SD KelasV hampirs eluruh gambabre rupas ketsaP adab uku teksI PA SD KelasV terbitanE rlanggap ersentase kesesuaidaina gramd ang ambard enganp endekatakne trampilanp rosesa dalah 45 15oa/rot rnyad iagramd ang ambarp adab uku teksi ni kurangs esuadi engan pendekatkaent rampilanp rosesd anp adab uku teksI PA SD KelasV terbitanI ntan Panwaraad alah3 1 81%a rtinyad iagramd ang ambarp adab ukut eksi ni trdak sesuadie nganp endekatakne trampilanp rosesS. edangkabnu ku teksI PA SD KelasV tdrbitaDn IKNASa dalah5 5 94o/aor tinyad iagrarnd ang ambarp adab uku teksi ni kuransge suadi enganp endekatakne tr-ampilapnr osesH. asil penelitiante ntang pertanyaapna daa khirb abd alamb uku teksI PA SD KelasV diketahuia daa ua bentuks oaly aitus oals ubyellifdan soalo byektif.A dapunp ersentaskee sesuaian pertanyaapna daa khir babd alamk etiga btrliu teks adalah3 5 55o/uon tuk buku teks IPAS DK elasV terbitanE rlanggaa rtinyap ertanyaanp adaa khir babp adab uku teks init idaks esuadi enganp endekatakne trampilanp roses l8 % untukb ukut eksI PA SD KelasV terbitanl nlanP ariwaraa rtinyap ertanyaanp adaa khirb ab padab uku teksi ni .1ugtaid aks esuadi enganp endekatakne trampilanp rosesd an8 07ou ntukb uku teks trA SDt erbitanD TKNASa rinya pertanyaanp adaa khrr bab padab uku teks ini sesuadie nganp endekatakne trampilanp roses. Bila dihitungi ndeksp ersentasdea ri masing-masinbgu kut eks m aka diketahuisi i buku teksI PA SD terbitanE rlanggah anya3 5 66%y angs esuaii s i buku teksI PA SDt erbitanI ntanP anwara3l 7lo/oy angs esuadi anb ukuteksI PA SD terbitaDn IKNAS cukups esuadi enganp endekatakne trampilanp rosesd engan persentas6e2 380/oS.e dangkanin deksp ersentaseke seluruhanis i buku teks IPA SD denganp endekatanke trampilanp rosesa dalah4 3 260/tJ adi isi buku teks kurang sesuadi enganp endekatanke fampilan proses. Berdasarkahna silp enelitianin i disarankana gard ilakukanp enelihanle bih lanjutt entangv ariasik etrampilanp rosesd alamb uku teks dan kesesuaianp enerapan pendekabkne trampilanp rosesd enganti ngkatb erpikir siswa.B agi teknolog pendidikanp enelitiani ni bermanfaaut ntuk evaluasit erhadapb uku teks yangb eredar danp erancangabnu kut eksk hususnyap ngoptimalakne terlibatans iswad alamp roses pembelajaramn elaluib uk-ut eks.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2002 04:29
Last Modified: 09 Sep 2002 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/859

Actions (login required)

View Item View Item