Minat mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana dalam memanfaatkan e-book bidang busana / Amalia Rizda Choirunnisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Minat mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana dalam memanfaatkan e-book bidang busana / Amalia Rizda Choirunnisa

Choirunnisa, Amalia Rizda (2020) Minat mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana dalam memanfaatkan e-book bidang busana / Amalia Rizda Choirunnisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Choirunnisa A.R. Minat Mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana dalam Memanfaatkan E-book Bidang Busana. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Nur Endah Purwaningsih M.Pd. (II) Dra. Endang Prahastuti M.Pd. Kata Kunci minat e-book bidang busana mahasiswa pendidikan tata busana Penelitian ini didasari adanya revolusi industri 4.0 yang merubah cara kerja menjadi digitasisasi termasuk dalam bidang pendidikan seperti beralih memanfaatkan literasi digital. Revolusi industri 4.0 mengharuskan mahasiswa memiliki kemampuan dalam memanfaatkan literasi digital sehingga minat mahasiswa dalam memanfaatkan e-book layak untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana dalam memanfaatkan e-book bidang busana. Rancangan penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah responden yang digunakan sebanyak 124 mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana angkatan 2016-2018. Terdapat dua sub variabel yang digunakan pada penelitian yaitu minat intrinsik dan minat ekstrinsik. Pengumpulan data menggunakan instrument penelitian berupa angket dengan 31 item pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada minat intrinsik diperoleh nilai setuju sebanyak 63 70% yang menunjukkan mahasiswa berminat memanfaatkan e-book dan dipengaruhi oleh faktor psikologis. Minat ekstrinsik memperoleh nilai setuju sebanyak 78 20% yang berarti mahasiswa berminat memanfaatkan e-book dan dipengaruhi oleh faktor lingkungan sekolah (kampus) dan faktor sosial-ekonomi. Lingkungan kampus mendukung minat mahasiswa dalam memanfaatkan e-book namun kesediaan dan kerelevanan e-book bidang busana di perpustakaan dirasa kurang dan menyebabkan turunnya minat mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan minat ekstrinsik memiliki pengaruh yang lebih tinggi dibandingkan minat intrinsik. Secara keseluruhan dapat diambil kesimpulan bahwa mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana berminat dalam memanfaatkan e-book bidang busana. Guna meningkatkan minat mahasiswa dalam memanfaatkan e-book peneliti menyarankan bahwa sebaiknya pihak perpustakaan yang berada di lingkungan kampus Universitas Negeri Malang menyediakan fasilitas e-book bidang busana yang memadahi dan relevan sehingga dapat meningkatkan minat mahasiswa dalam memanfaatkan e-book.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jan 2020 04:29
Last Modified: 16 Dec 2022 06:11
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85791

Actions (login required)

View Item View Item