Pengembangan modul ajar cetak mata pelajaran instalasi penerangan listrik berbasis life skills pada siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 1 Singosari / Hasan Basri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul ajar cetak mata pelajaran instalasi penerangan listrik berbasis life skills pada siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 1 Singosari / Hasan Basri

Basri, Hasan (2019) Pengembangan modul ajar cetak mata pelajaran instalasi penerangan listrik berbasis life skills pada siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 1 Singosari / Hasan Basri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan Modul Ajar Cetak Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Pada Siswa Kelas Xi Berbasis Life Skills Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik Smkn 1 Singosari Kabupaten Malang Hasan Basri Slamet Wibawanto Yuni Rahmawati Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang Jalan Semarang No. 5 Malang Jawa Timur 65145 Indonesia E-Mail hbasri191 gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perancangan modul ajar cetak Instalasi Listrik Penerangan berbasis Life skill pada siswa SMKN 1 Singosari Kelas XI Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Membuat modul ajar cetak Instalasi Listrik Penerangan berbasis Life skill pada siswa SMKN 1 Singosari Kelas XI Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Menguji hasil kelayakan modul ajar cetak Instalasi Listrik Penerangan berbasi Life skill pada siswa SMKN 1 Singosari Kelas XI Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan menggunakan langkah-langkah penelitian pengembangan model ADDIE. Langkah-langkah penelitian pengembangan menurut model ADDIE terdiri dari lima tahap yaitu 1. Analysis (Analisis) 2. Design (Perancangan) 3. Development (Pengembangan) 4. Implementation (Implementasi) dan 5. Evaluation (Evaluasi). Modul ajar ini telah divalidasi oleh ahli I dan ahli II serta telah diuji cobakan kepada siswa SMKN 1 Singosari Kelas XI Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik melalui uji kelayakan. Hasil angket reviewer ahli media 1 untuk modul guru mendapatkan skor 81 7% (cukup valid). Hasil angket reviewer ahli media 2 untuk modul guru mendapatkan skor 85 57% (sangat valid). Hasil angket reviewer ahli materi 1 modul siswa mendapatkan skor 83 3 % (cukup valid) ahli materi 2 modul siswa mendapatkan skor 87 03% (sangat valid). Hasil angket siswa mendapatkan skor 92 85 (sangat valid).Berdasarkan hasil uji kelayakan modul ajar instalasi penerangan listrik berbasis Life Skills untuk siswa kelas XI program keahlian teknik instalasi tenaga listrik SMKN 1 Singosari Kabupaten Malang dinyatakan sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran di sekolah. Kata Kunci Pengembangan Modul Ajar Life Skills Tenaga Listrik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85408

Actions (login required)

View Item View Item