Perbedaan hasil belajar kognitif dasar listrik dan elektronika berbantuan audio visual karena pengaruh model auditory intellectually repetition dibandingkan model challenge based learning pada siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMKN 3 Boyolangu / Eva Diah Ayuningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar kognitif dasar listrik dan elektronika berbantuan audio visual karena pengaruh model auditory intellectually repetition dibandingkan model challenge based learning pada siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMKN 3 Boyolangu / Eva Diah Ayuningtyas

Ayuningtyas, Eva Diah (2019) Perbedaan hasil belajar kognitif dasar listrik dan elektronika berbantuan audio visual karena pengaruh model auditory intellectually repetition dibandingkan model challenge based learning pada siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMKN 3 Boyolangu / Eva Diah Ayuningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ayuningtyas Eva Diah. 2019. Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Dasar Listrik dan Elektronika Berbantuan Audio Visual Karena Pengaruh Model Auditory Intellectually Repetition Dibandingkan Model Challenge Based Learning Pada Siswa Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMKN 3 Boyolangu . Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Eng. Siti Sendari S.T. M.T. (2) Dyah Lestari S.T. M.Eng. Kata kunci Hasil Belajar Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Model Pembelajaran Chalenge Based Learning Suatu pembelajaran akan berjalan baik apabila model pembelajaran yang digunakan sesuai dengan pelajaran yang diajarkan sehingga mempermudah siswa untuk mengerti dan paham materi yang diajarkan oleh guru. Pada proses pembelajaran di SMK Negeri 3 Boyolangu khususnya pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika masih menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada guru dan juga teman sebaya pada kerja kelompok. Pada pembelajaran kerja kelompok tidak semua siswa terlibat langsung sehingga menyebabkan hasil belajar kognitif beberapa siswa yang masih rendah. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika karena pengaruh penerapan model Auditory Intellectually Repetition berbantuan audio visual. Hasil belajar kognitif siswa diperoleh dari hasil post-test. Rancangan penelitian pada penelitian ini menggunakan dua kelas eksperimen yaitu kelas eksperimen A yang diberi perlakuan model Auditory Intellectually Repetition berbantuan audio visual dan kelas eksperimen B yang diberi perlakuan model Challenge Based Learning berbantuan audio visual. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik purposive sampling mengacu pada beberapa aspek yang ada pada subjek penelitian yang digunakan. Subjek penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas X program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) di SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung. Subjek penelitian dari kelas A berjumlah 36 siswa pada kelas X TITL 2 dengan pemberian perlakuan model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition. Subjek penelitian kelas B berjumlah 36 siswa pada kelas X TITL3 dengan pemberian perlakuan model pembelajaran Challenge Based Learning. Hasil belajar kognitif kelas A memperoleh nilai rata-rata 81 97 sedangkan pada kelas B mendapatkan nilai rata-rata 84 43. Hasil uji normalitas pada data hasil belajar siswa kelas A dan kelas B menunjukkan nilai Sig. 0 05 sehingga data hasil belajar siswa dinyatakan terdistribusi normal. Hasil uji homogenitas pada data hasil belajar kelas A dan kelas B menunjukkan hasil Sig. 0 05 sehingga data hasil belajar siswa dinyatakan homogen. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa (1) hasil belajar kelas eksperimen A yang diberi perlakuan model Auditory Intellectually Repetition diperoleh hasil dengan rata-rata nilai 81 97 (2) hasil belajar kelas eksperimen B yang diberi perlakuan model Challenge Based Learning diperoleh hasil dengan rata-rata nilai 84 43 (3) terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar kognitif kelas eksperimen B karena perlakuan model Challenge Based Learning dibandingkan kelas eksperimen A karena perlakuan model Auditory Intellectually Repetition.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85386

Actions (login required)

View Item View Item