Perbedaan kemampuan bertanya dan hasil belajar komputer dan jaringan dasar karena pengaruh penerapan model pembelajaran "PP" berbantuan "AV" dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran "RT" berbantuan "AV" pada siswa SMK Muhammadiyah 2 Malang / Leo Razaka Qintara Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan kemampuan bertanya dan hasil belajar komputer dan jaringan dasar karena pengaruh penerapan model pembelajaran "PP" berbantuan "AV" dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran "RT" berbantuan "AV" pada siswa SMK Muhammadiyah 2 Malang / Leo Razaka Qintara Putra

Putra, Leo Razaka Qintara (2019) Perbedaan kemampuan bertanya dan hasil belajar komputer dan jaringan dasar karena pengaruh penerapan model pembelajaran "PP" berbantuan "AV" dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran "RT" berbantuan "AV" pada siswa SMK Muhammadiyah 2 Malang / Leo Razaka Qintara Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Razaka Leo. 2019. Perbedaan Kemampuan Bertanya dan Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Karena Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran PP Berbantuan AV Dibandingkan Dengan Penerapan Model Pembelajaran RT Berbantuan AV pada Siswa SMK Muhammadiyah 2 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Setiadi Cahyono Putro M.Pd. M.T. (II) Triyanna Widiyaningtyas S.T. M.T.. Kata kunci Kemampuan Bertanya Hasil Belajar Problem Posing Reciprocal Teaching Belajar mengajar merupakan kegiatan inti dalam proses pembelajaran. Kegiatan belajar mengajar kadang kala terjadi tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Pembelajaran harus dapat membuat siswa aktif dalam kegiatan tersebut. Salah satu keaktifan siswa dalam proses pembelajaran adalah dengan kegiatan tanya jawab. Akan tetapi berdasarkan faktanya masih banyak proses pembelajaran yang belum bisa membuat siswa aktif. Pertanyaan yang diajukan siswa dapat memperdalam pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari dan hal itu dapat mempengaruhi hasil belajar. Diperlukan model pembelajaran yang dapat membuat siswa mengajukan pertanyaan. Model pembelajaran PP (Problem Posing) dan RT (Reciprochal Teaching) merupakan dua model pembelajaran yang memacu siswa untuk mengajukan pertanyaan. Pemahaman siswa terhadap materi dapat dilihat pada bobot pertanyaan yang diajukan siswa tersebut. Penerapan kedua model pembelajaran berbantuan AV (audio visual) dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan pada kelas X TKJ dan X MM di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Variabel yang diukur merupakan kemampuan bertanya dan hasil belajar siswa. Kemampuan bertanya siswa diperoleh dari pengamatan yang dilakukan pada saat proses pembelajaran. Sedangkan hasil belajar diperoleh dari nilai yang didapat dari pretest dan posttest yang diberikan. Rancangan penelitian ini menggunakan quasi experiment design dengan one group pretest-posttest design. Penelitian ini menggunakan kelas X TKJ (Kelas A) dan Kelas X MM (Kelas B). Tujuan materi dan media yang digunakan pada kedua kelas tersebut sama akan tetapi perlakukan untuk model pembelajaran yang diterapkan akan berbeda. Kelas A mendapatkan perlakuan model pembelajaran Problem Posing dan kelas B mendapatkan perlakuan model pembelajaran Hasil penelitian kemampuan bertanya pada kelas X TKJ termasuk dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 86 48%. Sedangkan untuk hasil kemampuan bertanya kelas X MM termasuk dalam kategori rendah dengan nilai rata-rata 80 93%. Nilai hasil belajar Komputer dan Jaringan Dasar pada kelas X TKJ termasuk dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata post-test sebesar 86 95%. Nilai hasil belajar kelas X MM termasuk dalam kategori rendah sebesar 81 45 %. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan terdapat perbedaan kemampuan bertanya dan hasil belajar Komputer dan Jaringan Dasar yang signifikan antara kelas X TKJ yang mendapat perlakuan model pembelajaran Problem Posing (PP) dengan kelas X MM yang mendapat perlakuan model pembelajaran Reciprocal Teaching (RT). Siswa yang memiliki nilai kemampuan bertanya baik akan mendapat hasil belajar yang baik dan sebaliknya jika kemampuan bertanya tergolong rendah maka hasil belajar tergolong rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84946

Actions (login required)

View Item View Item