Peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui bermain jemuran angka pada anak Kelompok A TK Taman Indria Kota Blitar / Siti Solikhah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui bermain jemuran angka pada anak Kelompok A TK Taman Indria Kota Blitar / Siti Solikhah

Solikhah, Siti (2017) Peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui bermain jemuran angka pada anak Kelompok A TK Taman Indria Kota Blitar / Siti Solikhah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Solikhah Siti. 2017.Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Bermain Jemuran Angka Pada Anak Kelompok A TK Taman Indria Kota Blitar.Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. Sunyoto S.Pd M.Si(2) Suwarti S.Pd M. Pd Kata kunci kelompok A lambang bilangan bermain jemuran angka Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukanpada kelompok A TK Taman Indria dalam mengenal lambang bilangan 1-10 diketahui bahwa (1) 10 anak belum mampu mengenal lambang bilangan dibuktikan saat guru menunjuk angka 5 anak menyebut angka 7. (2) Anak nampak kurang antusias dan bermain sendiri pada saat pembelajaran. (3) Guru hanya terpaku pada lembar kerja dan majalah yang ada di sekolah. (4) Pemahaman anak tentang konsep lambang bilangan masih kurang. (5) Pembelajaran kurang menyenangkan dan menarik perhatian anak. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan bermain jemuran angka pada kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui bermain jemuran angka pada kelompok A TK Taman Indria Kota Blitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dokumentasi wawancara dan catatan lapangan.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualititif yang meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dengan menerapkan kegiatan bermain jemuran angkamengalami peningkatan yaitu aktivitas guru pada siklus I pertemuan pertama sebesar 71 4% dan pertemuan kedua mencapai 85 7% aktivitas anak69 4% dan pertemuan kedua mencapai 79 6%. Pada siklus II aktivitas guru pertemuan pertama sebesar 95 9% dan pertemuan kedua mencapai 100% aktivitas anak juga mengalami peningkatan pada pertemuan pertama 87 7%dan pertemuan kedua mencapai 94 3%. Sementara itu hasil penilaian kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada siklus I pertemuan pertama diperoleh hasil 64 3% dan pertemuan kedua sebesar 78 6%. Pada siklus II penilaian kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pertemuan pertama sebesar 85 7% dan pertemuan kedua mencapai 92 9%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan bermain jemuran angka dapat meingkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada kelompok A TK Taman Indria Kota Blitar.Disarankan kepada guru untuk menerapkan kegiatan bermain jemuran angka agar kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 kelompok A TK Taman Indria meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8443

Actions (login required)

View Item View Item