Peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 melalui media kartu angka bergambar pada Kelompok A TK Negeri Pembina Kota Blitar / Nurul Laylia - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 melalui media kartu angka bergambar pada Kelompok A TK Negeri Pembina Kota Blitar / Nurul Laylia

Laylia, Nurul (2017) Peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 melalui media kartu angka bergambar pada Kelompok A TK Negeri Pembina Kota Blitar / Nurul Laylia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Laylia Nurul. 2017. Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Melalui Media Kartu Angka Bergambar Pada Kelompok A TK Negeri Pembina Kota Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Alif Mudiono M.Pd (2) Dra. Sutansi M.Pd. Kata Kunci peningkatan konsep bilangan media kartu angka bergambar Hasil observasi di kelompok A TK Negeri Pembina Kota Blitar diperoleh informasi bahwa minat anak dalam belajar mengenal konsep bilangan masih terbilang kurang terlihat dari 16 anak hanya 25% atau 4 anak yang mampu mengenal konsep bilangan 1-10 dengan baik. Selebihnya terdapat 75% atau 11 anak masih mengalami kesulitan mengenal konsep bilangan 1-10. Hasil observasi menemukan beberapa penyebab seperti (1) penggunaan media pembelajaran kurang menarik (2) pembelajaran masih berpusat pada guru (3) kurangnya daya tangkap anak terhadap pembelajaran yang disampaikan. Berdasarkan pemasalahan tersebut alternatif pemecahan masalah dari paparan diatas sebagai berikut (1) menggunakan media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan anak (2) pembelajaran dilakukan melalui bermain karena dengan bermain tanpa disadari anak telah belajar tanpa harus dipaksa untuk memahami sesuatu dan (3) pembelajaran harus aktif kreatif efektif dan menyenangkan sehingga anak terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakam dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan obeservasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian penggunaan media kartu angka bergambar untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan dilaksanakan oleh guru dengan sangat baik (100%) diikuti dengan ketuntasan anak persentase mencapai (84 38%). Rata-rata kemampuan pengetahuan dalam mengenal konsep bilangan meningkat mulai dari pratindakan 2 43 dengan persentase ketuntasan 44% siklus I naik menjadi 2 66 dengan persentase ketuntasan 62 5% dengan kriteria cukup sedangkan pada sampai siklus II rata-rata naik menjadi 3 25 dengan persentase 87 5% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu angka bergambar yang sudah dilaksanakan guru dengan sangat baik dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10. Melalui media yang menarik dapat menumbuhkan minat anak untuk mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu disarankan kepada guru untuk menggunakan media kartu angka bergambar pada pembelajaran kognitif khususnya kemampuan mengenal konsep bilangan supaya dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak kelompok A TK Negeri Pembina Kota Blitar. ABSTRACT Laylia Nurul. 2017. Improvement Ability to Recognize the Concept of Numbers 1-10 through Picture Number Cards Media in Groups A TK Negeri Pembina Blitar City. Sarjana s Thesis S1 Studies Teacher Education Early Childhood Education Department of Elementary and Preschool Education Faculty of Education State University of Malang Advisor (1) Dr. Alif Mudiono M.Pd (2) Dra. Sutansi M.Pd. Keywords improving concept of number picture number card media The result of observation in group A TK Negeri Pembina Blitar obtained information that children s interest in learning how to recognize the concept of numbers is still somewhat less seen from 16 children only 25% or 4 children who are able to recognize the concept of numbers 1-10 well. The rest are 75% or 11 children still have difficulty in recognizing the concept of the number 1-10. The results of observation found several causes such as (1) the use of learning media is less interesting (2) learning is still centered on the teacher (3) the lack of capture of the child to the learning delivered. Based on these problems alternative solutions of the problems above are as follows (1) using learning media that is interesting and appropriate to the needs of the children (2) the learning is delivered through playing because by playing unconsciously the children have learned without having to be forced to understand something And (3) the learning must be active creative effective and fun so that children are actively involved in learning activities. The approach used in this study is a qualitative approach to the type of classroom action research. The research was conducted in two cycles namely cycle I and cycle II each cycle consists of four stages namely planning implementation observation and reflection. The data were collected using observation techniques interviews field notes and documentation. The research result of the use of the picture number cards media to increase the ability in recognizing the concept of numbers is executed by the teacher very well (100%) followed by children completeness reaching percentage (84 38%). The average ability of knowledge in recognizing the concept of numbers increases starting from pre-action 2.43 with the completeness percentage 44% cycle I rose to 2.66 with a percentage of completeness 62.5% with sufficient criteria while in the average cycle II rose to 3.25 with 87.5% percentage with very good criteria. Based on the result of the research it can be concluded that the use of pictorial number cards media that has been implemented by the teachers very well can improve the ability to recognize the concept of numbers 1-10. Through interesting media teachers can foster children s interest to follow the learning. Therefore it is suggested to the teacher to use the picture number card media on cognitive learning especially the ability to recognize the concept of numbers in order to improve the ability to recognize the concept of the numbers of children group A TK Negeri Pembina Blitar City.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8440

Actions (login required)

View Item View Item