Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap perilaku belajar dan prestasi akademik mata pelajaran mekanika teknik siswa di SMK Islam 1 Blitar / Mohammad Arif Rais - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap perilaku belajar dan prestasi akademik mata pelajaran mekanika teknik siswa di SMK Islam 1 Blitar / Mohammad Arif Rais

Rais, Mohammad Arif (2019) Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap perilaku belajar dan prestasi akademik mata pelajaran mekanika teknik siswa di SMK Islam 1 Blitar / Mohammad Arif Rais. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rais Mohammad Arif. 2019. Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Perilaku Belajar dan Prestasi Akademik Mata Pelajaran Mekanika Teknik Siswa di SMK Islam 1 Blitar. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Pribadi S.T. M.T. (II) Drs. Sutrisno S.T. M.Pd Kata Kunci kegiatan ekstrakurikuler perilaku belajar prestasi akademik mekanika teknik SMK merupakan jenjang pendidikan menengah formal yang menyiapkan tenaga-tenaga kerja melalui kegiatan belajar sekolah. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan serangkaian kegiatan belajar mengajar di luar jam pelajaran terprogram yang dimaksudkan untuk membentuk kepribadian menumbuhkan minat dan bakat serta semangat pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ekstrakurikuler di sekolah ikut andil dalam menciptakan tingkat kecerdasan yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap perilaku belajar dan prestasi akademik mata pelajaran mekanika teknik. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analasis deskriptif dan independent t-test untuk mengukur pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap perilaku belajar dan prestasi akademik mata pelajaran mekanika teknik siswa SMK Islam 1 Blitar dengan jumlah sampel 84 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai x 772 1(yang ikut ekstrakurikuler) 78 8 dan x 772 2(yang tidak ikut ekstrakurikler) 74 5 berarti x 772 1 x 772 2 t 2 081 dan didapatkan nilaisig.(2-tailed) 0 024 0 05 hal ini berarti bahwa variabel kegiatan ekstrakurikuler berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku belajar. Artinya siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler perilaku belajarnya lebih baik daripada yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakuriler. Nilai x 772 1(yang ikut ekstrakurikuler) 69 5 dan x 772 2(yang tidak ikut ekstrakurikler) 75 4 berarti x 772 1 x 772 2 t 2 206 dan didapatkan nilai sig.(2-tailed) 0 030 0 05 hal ini berarti bahwa variabel kegiatan ekstrakurikuler berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap prestasi akademik siswa. Artinya siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler prestasi akademiknya lebih rendah daripada yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakuriler. .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83844

Actions (login required)

View Item View Item