Nindiasari, Desy Sukma (2016) Peningkatan kemampuan kognitif anak mengidentifikasi bentuk geometri melalui kegiatan meronce pada kelompok A2 TK negeri Pembina Kepanjenkidul Kota Blitar / Desy Sukma Nindiasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nindiasari Desy Sukma. 2016. Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Mengidentifikasi Bentuk Geometri Melalui Kegiatan Meronce Pada Kelompok A2 TK Negeri Pembina Kepanjenkidul Kota Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Hj. Lilik Bintartik M.Pd (2) Drs. Suhel Madyono S.Pd. M.Pd. Kata Kunci kognitif mengidentifikasi meronce bentuk geometri Hasil observasi pada anak kelompok A2 mengalami permasalahan yaitu masih sulit dalam mengelompokkan benda berdasarkan bentuk dan warna karena (1) anak belum mengenal bentuk dan warna (2) anak masih ragu-ragu dalam menyebutkan bentuk dan warna dan (3) anak belum mampu mengelompokkan benda berdasarkan bentuk dan warna dengan benar. Hal ini terlihat dari 14 anak yang mampu mengelompokkan benda berdasarkan bentuk dan warnya hanya 3 anak (21 3%). Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan penggunaan kegiatan meronce bentuk geometri dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan kognitif mengidentifikasi bentuk geometri pada tema binatang dengan menggunakan kegiatan meronce di kelompok A2 TK Negeri Pembina Kepanjejnkidul Kota Blitar. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif jenis penelitian kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus mencakup perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data dengan teknik observasi catatan lapangan wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas anak serta lembar penilaian hasil belajar anak yang mencakup penilaian sikap pengetahuan dan keterampilan. Analisis data diawali dengan pengumpulan data reduksi data menyajikan data dan mendeskripsikan data kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan meronce bentuk geometri dilaksanakan guru dan anak dengan kriteria sangat baik. hal ini dapat dibuktikan bahwa hasil observasi aktivitas guru selama kegiatan telah mencapai kriteria sangat baik (100%) demikian juga pada hasil observasi anak telah mencapai kriteria baik (80%). Sedangkan hasil kemampuan kognitif anak pada pra tindakan hanya mencapai 21 3% dengan kriteria kurang mengalami peningkatan pada siklus I mencapai 57% dengan kriteria kurang meningkat pada siklus II menjadi 100% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan kegiatan meronce bentuk geometri yang dilaksanakan guru dan siswa dengan sangat baik dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak mengidentifikasi bentuk geometri pada kelompok A2 di Tk Negeri Pembina Kepanjenkidul Kota Blitar dengan sangat baik pula. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan guru menggunakan kegiatan meronce berpola dalam kegiatan pembelajaran sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 May 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8364 |
Actions (login required)
View Item |