Lestari, Ika Novyati Budi (2010) Pengembangan media animasi pembelajaran sistem pernapasan pada manusia untuk siswa kelas 5 SD Negeri Mandiro 1 Bondowoso / Ika Novyati Budi Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Lestari Ika Novyati Budi. 2009. Pengembangan Media Animasi Pembelajaran Sistem Pernapasan pada Manusia untuk Siswa Kelas 5 SD Negeri Mandiro 1 Bondowoso. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Unuversitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M. Ed (II) Yerry Soepriyanto M. T. Kata kunci pengembangan media animasi sistem pernapasan Dalam suatu proses belajar di sekolah media merupakan salah satu faktor pendukung tersampaikannya materi pelajaran. Media sebagai bagian integral sistem pembelajaran maka kedudukannya tidak dapat dipisahkan dan berpengaruh terhadap jalannya pembelajaran. Atau dengan kata lain kegiatan pembelajaran tidak akan berlangsung dengan baik tanpa media pembelajaran yang sesuai. Untuk siswa SD Kelas 5 usia 7-11 tahun oleh Piaget digolongkan ke dalam tahap berpikir operasional konkret. Di mana anak telah mampu melakukan operasi kognitif. Penalaran logis menggantikan pemikiran intuitif selama nalar dapat diterapkan pada suatu kejadian khusus atau konkret. Anak telah mampu menerapkan operasi logis pada masalah konkret seperti pada halnya pelajaran IPA khususnya materi alat pernapasan pada manusia. Materi ini memerlukan media yang dapat mendukung proses berpikir operasional konkret siswa. Pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan media pembelajaran berupa animasi pembelajaran Sistem Pernapasan pada Manusia yang telah melalui proses validasi pada mata pelajaran IPA di SD NEgeri Mandieo 1 Bondowoso. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket validasi pengembangan media animasi pembelajaran kepada ahli media ahli materi dan responden siswa. Kemudian data tersebut diolah untuk mengetahui tingkat kevalidan dan keefektivitasannya. Hasil pengembangan media animasi pembelajaran untuk mata pelajaran IPA ini memenuhi kiteria kevalidan oleh ahli materi sebesar 90% ahli media 77 5% responden siswa 90 42%. Media ini juga efektif meningkatkan jumlah siswa yang memenuhi KKM dari 20% menjadi 90%. Berdasarkan hasil pengembangan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media animasi pembelajaran system pernapasan pada manusia ini valid/layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/83 |
Actions (login required)
View Item |