Pola bimbingan guru dalam menanamkan kemandirian pada anak di TK Satu Atap Rampal Celaket 2 Malang / Ivani Florentina Liwe - Repositori Universitas Negeri Malang

Pola bimbingan guru dalam menanamkan kemandirian pada anak di TK Satu Atap Rampal Celaket 2 Malang / Ivani Florentina Liwe

Liwe, Ivani Florentina (2015) Pola bimbingan guru dalam menanamkan kemandirian pada anak di TK Satu Atap Rampal Celaket 2 Malang / Ivani Florentina Liwe. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Liwe Ivani Florentina. 2015. Pola Bimbingan Guru dalam Menanamkan Kemandirian pada Anak di TK A Satu Atap Rampal Celaket 2 Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd (II) Dra. Harti Kartini M.Pd Kata kunci Pola Bimbingan Guru Kemandirian Anak. Kemandirian anak semakin hari semakin berkurang diakibatkan orang tua dan guru yang selalu memenuhi kebutuhan anak. Hasil pengamatan yang dilakukan di TK Satu Atap Rampal Celaket 2 Malang diketahui bahwa anak sudah diajarkan untuk mandiri dan hal-hal yang diajarkan adalah kemandirian dasar untuk anak sehingga anak terlihat mandiri dari usianya. Fokus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikanpola bimbingan guru dalam menanamkan kemandirian pada anak danhasil kemandirian anak.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah anak TK A Satu Atap Rampal Celaket 2 Malang. Teknik pengumpulan data dilakukan denganobservasi wawancara dan dokumen. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data diperoleh temuanbahwa pola bimbingan yangditerapkan guru adalah memberikan pembiasaan kemandirian dasar motivasi pujian dan penghargaan terhadap hasil yang dikerjakan oleh anak kegiatan tersebut bertujuan untuk melatih anak lebih mandiri dan hasil dari pola bimbingan guru adalah anak sudah bisa mandiri dalam kemandirian fisik dan bisa bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugas. Kesimpulan dalam penelitian ini adalahpola bimbingan dilakukan melalui pembiasaan kepada anak dan hasil dari pola bimbingan yang diberikan anak terbiasa untuk mandiri dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Dengan demikian perlu dilakukan lebih lanjut dan lebih luas mengenai pola pembiasaan dan motivasi dalam menerapkan karakter pada anak sehingga sejak dini anak sudah ditanamkan karakter yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8293

Actions (login required)

View Item View Item