Problematika pengelolaan uang saku siswi asrama kelas X MAN 2 Kota Malang / Rofi' Hidayatul Hasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Problematika pengelolaan uang saku siswi asrama kelas X MAN 2 Kota Malang / Rofi' Hidayatul Hasanah

Hasanah, Rofi' Hidayatul (2019) Problematika pengelolaan uang saku siswi asrama kelas X MAN 2 Kota Malang / Rofi' Hidayatul Hasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Hasanah Rofi Hidayatul. Problematika Pengelolaan Uang Saku Siswi Asrama Kelas X MAN 2 Kota Malang. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Agung Haryono S.E. M.P. Ak Kata kunci Pengelolaan uang saku Siswa Asrama MAN 2 Kota Malang Salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh siswa SMA terutama yang tinggal di asrama adalah sulitnya mengelola uang saku dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dengan baik bagaimana siswa MAN 2 Kota Malang khususnya yang bertempat tinggal di asrama mengelola keuangannya dan apa saja permasalahan yang mereka hadapi dalam mengelola uang saku tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi dan wawancara mendalam. Untuk mengecek keabsahan data yang diperoleh peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini memperoleh hasil sebagai berikut yaitu (1) Uang saku yang diperoleh Siswa Asrama MAN 2 Kota Malang hanya berasal dari orang tua (2) Dari semua siswa yang telah diwawancarai ada sebagian yang melakukan perencanaan dalam mengelola keuangan ada juga siswa yang tidak melakukannya (3) Semua siswa mendapat kontrol tentang pengelolaan uang sakunya dari orang tua masing-masing (4) Dalam memanfaatkan uang sakunya siswa menggunakannya untuk kebutuhan konsumsi seperti jalan-jalan makan nongkrong dan jajan sehari-hari (5) Ada beberapa siswa yang menabung dari sisa uang sakunya dan ada yang tidak menabung (6) Faktor yang mempengaruhi pengelolaan uang saku siswa adalah prilaku konsumsinya dan faktor lingkungan tempat mereka tinggal (7) Permasalahan yang sering dihadapi oleh Siswa Asrama adalah tidak ada kontrol diri sering kehabisan uang saku pada saat belum waktunya serta kendala adaptasi di awal mereka masuk Ma had. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa siswa cenderung tidak melakukan perencanaan dalam mengelola uang sakunya dan masih sering mengalami kesulitan dalam mengelola uang sakunya dengan baik. Peneliti memberi saran kepada siswa untuk membuat perencanaan dalam mengelola uang sakunya agar tidak kesulitan dalam melakukan kegiatan ekonomi dan kepada Ma had Al-Qalam agar memberikan sosialisasi tentang pengelolaan uang saku serta untuk peneliti selanjutnya untuk menambahkan variabel lain selain problematika dan menambah waktu penelitian lebih lama lagi agar menghasilkan penelitian yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/81786

Actions (login required)

View Item View Item