Septiany, Naddya Dwi (2019) Perbedaan belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran ekonomi ditinjau dari keaktifan siswa SMA Brawijaya Smart School Malang / Naddya Dwi Septiany. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
v ABSTRAK Septiany Naddya Dwi. 2019. Perbedaan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Think Pair Share (TPS) pada Mata Pelajaran Ekonomi Ditinjau dari Keaktifan Siswa SMA Brawijaya Smart School Malang. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Drs.Prih Hardinto M.Si Kata Kunci Student Teams Achievement Division (STAD) Think Pair Share (TPS) Hasil Belajar Keaktifan Siswa Hasil belajar siswa pada kelas X pun masih tergolong rendah hal ini dibuktikan dengan nilai Ulangan Harian (UH) terakhir siswa yang masih banyak di bawah KKM. Untuk mengatasi permasalah tersebut diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Think Pair Share (TPS). Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Think Pair Share (TPS) untuk siswa yang aktif dan siswa yang kurang aktif. Hasil belajar yang diukur dengan penelitian ini hanya terbatas pada ranah kognitif. Setelah mengetahui perbedaan hasil belajar dengan perlakuan berbeda dapat diketahui bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X di SMA Brawijaya Smart School Malang dengan jumlah siswa secara keseluruhan sebanyak 101 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) desain factorial 2x2. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive random sampling. Jumlah sampel sebanyak 50 siswa yang terbagi dalam kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (X6) sebanyak 24 siswa dan kelas eksperiment yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (X5) sebanyak 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan pretest dan posttest. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis uji two way anova untuk membandingkan perbedaan rata-rata antara kelompok yang telah dibagi pada dua variable faktor. Seluruh proses penghitungan selengkapnya dibantu dengan program SPSS for Windows versi 20.00 Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievemet Division (STAD) dan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) memiliki nilai signifikansi sebesar 0 002 0 05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang vi diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievemet Division (STAD) dan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Kemudian berdasarkan tabel output diatas diketahui pula keaktifan siswa memiliki nilai signifikansi sebesar 0 001 0 05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar untuk siswa yang aktif dan siswa kurang aktif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jul 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/81764 |
Actions (login required)
View Item |