Pengaruh persepsi siswa tentang model pembelajaran guru dan minat berwirausaha terhadap hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang / Dewi Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang model pembelajaran guru dan minat berwirausaha terhadap hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang / Dewi Rahmawati

Rahmawati, Dewi (2019) Pengaruh persepsi siswa tentang model pembelajaran guru dan minat berwirausaha terhadap hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang / Dewi Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Rahmawati Dewi. 2019. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Model Pembelajaran Guru dan Minat Berwirausaha terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan Siswa Kelas XII SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Prih Hardinto M.Si. Kata Kunci persepsi model pembelajaran minat berwirausaha hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan Hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan digunakan sebagai ukuran untuk mengetahui seberapa jauh siswa memahami materi kewirausahaan yang diajarkan oleh guru. Hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti persepsi siswa tentang model pembelajaran guru dan minat berwirausaha. Maka perlu dilakukan penelitian mengenai hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh persepsi siswa tentang model pembelajaran guru terhadap hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang (2) pengaruh minat berwirausaha terhadap hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang dan (3) pengaruh persepsi siswa tentang model pembelajaran guru dan minat berwirausaha terhadap hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanasi. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 241 siswa sedangkan jumlah sampel yang digunakan adalah 150 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan program IBM SPSS Statistics 25. Berdasarkan hasil analisis maka dapat ditarik simpulan bahwa (1) persepsi siswa tentang model pembelajaran guru berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang (2) minat berwirausaha berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang dan (3) persepsi siswa tentang model pembelajaran guru dan minat berwirausaha berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang. Di dalam penelitian ini penulis memberikan saran kepada (1) guru kewirausahaan agar menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan materi pembelajaran serta kondisi siswa di dalam kelas dengan menggunakan alat dan media pembelajaran yang menarik (2) sekolah untuk lebih sering menyelenggarakan acara yang berkaitan dengan kewirausahaan dan (3) peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian mengenai faktor-faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/81743

Actions (login required)

View Item View Item