Pengembangan model permainan sirkuit "Fantastic Bamboe" dalam pembelajaran fisik motorik anak kelompok B di TK Gugus II Kanigoro Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar / Nurul Laily - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model permainan sirkuit "Fantastic Bamboe" dalam pembelajaran fisik motorik anak kelompok B di TK Gugus II Kanigoro Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar / Nurul Laily

Laily, Nurul (2015) Pengembangan model permainan sirkuit "Fantastic Bamboe" dalam pembelajaran fisik motorik anak kelompok B di TK Gugus II Kanigoro Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar / Nurul Laily. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Laily Nurul. 2015. Pengembangan Model Permainan Sirkuit Fantastic Bamboe Dalam Pembelajaran Fisik Motorik Anak Kelompok B Di TK Gugus II Kanigoro Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru PAUD Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Suminah S.Pd. M.Pd (2) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd. M.Pd Kata Kunci model permainan sirkuit fantastic bamboe fisik motorik Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan masalah yang berhubungan dengan pembelajaran fisik motorik pada anak kelompok B di TK Gugus II Kanigoro yang secara umum masih kurang mendapat perhatian. Hal ini terbukti dari pembelajaran fisik motorik yang dilakukan monoton kurang bervariasi kurang adanya unsur bermain dan kurangnya media pembelajaran yang menunjang aktivitas pembelajaran fisik motorik anak sehingga fisik motorik kurang mendapat pengembangan dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil pengamatan dan analisis kebutuhan alternatif dari permasalahan tersebut adalah melalui model permainan sirkuit Fantastic Bamboe . Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan produk berupa model permainan sirkuit Fantastic Bamboe sebagai alternatif pembelajaran fisik motorik yang mudah dilakukan oleh anak menyenangkan tidak membahayakan bagi anak dan menjadi salah satu alternatif pembelajaran yang kreatif dan inovatif di TK Gugus II Kanigoro. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development menurut Borg Gall (1989) yang dimodifikasi oleh peneliti menjadi lima langkah diantaranya (1) melakukan penelitian dan pengumpulan informasi (2) melakukan perencanaan (3) mengembangkan draft produk awal (4) melakukan uji coba kelompok kecil (5) melakukan revisi produk. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 10 TK di Gugus II Kanigoro sedangkan sampel yang akan diambil sebanyak 3 TK yaitu TK Al Hidayah Kanigoro 1 TK Trisula dan TK Aba. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi anak dan kuisioner yang diberikan kepada ahli serta responden untuk mengetahui keefektifan produk. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif berupa saran dan masukan dari para ahli untuk melakukan revisi terhadap rancangan produk. Serta deskriptif kuantitatif berupa presentase kemudahan kesenangan keamanan serta keefektifan anak pada saat melakukan kegiatan permainan. Berdasarkan hasil analisis data pada saat penelitian diperoleh data presentase kelayakan produk dari ahli mencapai 100% presentase kelayakan produk dari responden mencapai 98 6% presentase kemudahan anak pada saat melakukan permainan sebesar 86 3% presentase kesenangan sebesar 100% dan presentase keamanan sebesar 99%. Secara keseluruhan diperoleh hasil presentase antara 76-100% sehingga permainan ini dikategorikan baik dan layak digunakan. Berdasarkan hasil pengembangan ini diharapkan ada penelitian lebih lanjut untuk melaksanakan uji coba kelompok besar sehingga produk yang dihasilkan benar-benar teruji keefektifannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8173

Actions (login required)

View Item View Item