Peningkatan kemampuan motorik halus melalui kegiatan menggunting pada anak Kelompok B di TK PKK Srikandi Bantaran Kabupaten Probolinggo / Eka Ameylia - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan motorik halus melalui kegiatan menggunting pada anak Kelompok B di TK PKK Srikandi Bantaran Kabupaten Probolinggo / Eka Ameylia

Ameylia, Eka (2015) Peningkatan kemampuan motorik halus melalui kegiatan menggunting pada anak Kelompok B di TK PKK Srikandi Bantaran Kabupaten Probolinggo / Eka Ameylia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ameylia Eka.2015. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui kegiatan Menggunting pada Anak Kelompok B di TK PKK Srikandi Bantaran Kabupaten Probolinggo. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Usep Kustiawan M.Sn. (2) I Made Seken M.Pd. Kata kunci peningkatan motorik halus menggunting anak TK Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti menyimpulkan bahwa kemampuan menggunting sesuai garis dengan benar masih kurang disebabkan beberapa faktor (1) guru kurang melatih keterampilan menggunting anak (2) anak hanya diminta melakukan menggunting sesuai tugas (3) guru hanya menilai hasil guntingan tanpa menilai proses. Seharusnya kemampuan motorik halus melalui menggunting dilakukan secara bertahap yaitu garis lurus lengkung dan zigzag. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kegiatan menggunting untuk peningkatan kemampuan motorik halus anak (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK PKK Srikandi Bantaran Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini dirancang menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh anak kelompok B di TK PKK Srikandi Bantaran Kabupaten Probolinggo. Tahap dalam penelitian ini (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan tindakan (3) Observasi (4) Refleksi. Instrumen dalam penelitian ini berupa (1) Pedoman informasi (2) Lembar kerja anak (3) Lembar penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan menggunting pola garis menggunakan kertas origami dapat dilakukan untuk peningkatan motorik halus anak di TK PKK Srikandi Bantaran Kabupaten Probolinggo. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang menjelaskan bahwa pada pra tindakan sebesar 37 8% pada siklus I pertemuan pertama meningkat menjadi 45% dan pertemuan kedua menjadi 58 9%. Serta mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan pertama yaitu sebesar 76 7% dan pertemuan kedua sebesar 92 2%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus anak dapat meningkat melalui kegiatan menggunting. Dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk peningkatan motorik halus anak dengan memperhatikan bagaimana cara atau langkah langkah menggunting dengan benar serta motivasi bagi guru untuk mengembangkan inovasi dan kreativitas dalam kegiatan menggunting untuk peningkatan motorik halus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8169

Actions (login required)

View Item View Item