Analisis kompetensi pedagogik calon pendidik akuntansi FEB UM di era abad 21 / Siti Nurjanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kompetensi pedagogik calon pendidik akuntansi FEB UM di era abad 21 / Siti Nurjanah

Nurjanah, Siti (2019) Analisis kompetensi pedagogik calon pendidik akuntansi FEB UM di era abad 21 / Siti Nurjanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nurjanah S.2019. Analisis Kompetensi Pedagogik Calon Pendidik Akuntansi FEB UM di Era Abad 21. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hj. Endang Sri Andayani S.E. M.Si. Ak. Kata Kunci Kompetensi pedagogik calon pendidik era abad 21. Abad 21 merupakan abad pengetahuan. Abad ini informasi banyak tersebar dan teknologi terus berkembang. Karakteristik abad 21 ditandai dengan semakin bertautnya dunia ilmu pengetahuan sehingga sinergi diantara keduanya menjadi semakin cepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik yang harus dimiliki calon pendidik serta kesiapannya menghadapi pembelajaran di era abad 21. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi. Penelitian ini dilakukan di program studi S1 pendidikan akuntansi angkatan 2015 Universitas Negeri Malang. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa kompetensi pedagogik di era abad 21 saat ini yang harus dimiliki oleh calon pendidik adalah (1) Memahami landasan pendidikan (2) Mengembangkan model pembelajaran (3) Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (4) Memahami karakter peserta didik (5) Melakukan evaluasi (6) Menggunakan media pembelajaran yang sesuai (7) Mahir dalam menggunakan TIK (8) Berkomunikasi dengan baik (9) Mampu berkolaborasi dan (10) Menjadi fasilitator. Calon pendidik juga sudah siap menghadapi pembelajaran di era abad 21. Namun dengan berbagai catatan yakni calon pendidik harus tetap belajar mencari informasi terbaru terkait dunia pendidikan memperkuat keempat kompetensi guru serta lebih menguasai teknologi informasi. Saran untuk penelitian ini adalah calon pendidik diharapkan lebih memiliki kesadaran diri untuk mencari informasi terbaru terkait dunia pendidikan. Calon pendidik harus lebih membekali diri dengan inovasi-inovasi yang baru di era abad 21. Untuk program studi akuntansi lebih banyak mengadakan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan dunia pendidikan terbaru guna meningkatkan kualitas pengetahuan mahasiswa sehingga dapat bersaing dengan calon pendidik yang lain dikanca nasional dan internasional. Selain itu untuk peneliti selanjutnya diharapkan bisa meneliti tidak hanya pada satu universitas. Sehingga dapat membandingkan tingkat penguasaan kompetensi pedagogik di universitas yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/80090

Actions (login required)

View Item View Item