Mabruroh, Aniatul (2018) Penggunaan media sosial terhadap hasil belajar life skill mahasiswa (studi deskriptif kualitatif pada akun instagram @tyarahmatiya) / Aniatul Mabruroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Mabruroh Aniatul. 2017. Penggunaan Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Life Skill bagi Mahasiswa. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I)Eka Pramono Adi S.IP M.Pd. (II) Dr. Henry Praherdhiono S.Si M.Pd Kata Kunci Life Skill Media Sosial Hasil Belajar Media sosial dapat digunakan untuk mendukung proses komunikasi dimana media sosial bermanfaat untuk mempermudah penggunanya dalam mengakses berbagai informasi berinteraksi dengan individu lain dan memperoleh timbal balik dengan cepat (Sosiawan 2011). Proses komunikasi melalui media sosial juga dapat dilakukan untuk mendukung proses pembelajaran(Purwanto 2009). Tiya Rahmatiya yang merupakan seorang ibu rumah tangga yang memiliki hobi memasak. Kegemaran yang saat ini membawanya menjadi salah satu orang yang banyak diikuti oleh pengguna Instagram ini dapat dilihat dari jumlah followers atau pengikutnya yang mencapai 141 ribu followers. Faktor yang membuat akun tiyarahmatiya memiliki jumlah followers hingga mencapai 141 ribu ini lantaran kegemaran Tiya Rahmatiya yang suka berbagi informasi dengan memposting hasil masakan dan menuliskan caption yang berisi tentang cara mengolah dan memasak resep dari makan yang telah dibuat sehingga pengikutnya dapat mempelajari bagaimana memasak makanan yang telah dibuatnya. Melihat semakin berkembangnya teknologi yang disertai semakin mudahnya akses dan biaya memanfaatkan teknologi khususnya internet pada aplikasi media sosial Tiya Rahmatiya berinisiatif untuk berbagi pengetahuan cara memasak sehingga memberikan manfaat pada penggunaa akun media sosial instgram lain agar dapat mempergunakan aplikasi media sosial instgram dengan baik. Tujuan dari penelitian ini utuk mengetahui apakah mahasiswa yang belajar memasak melalui akun instagram tiyarahmatiya telah mencapai tujuan pembelajaran Kognitif tujuan pembelajaran psikomotor dan tujuan pembelajaran afektif. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah beberapa mahasiswa dari beberapa jurusan yang sudah peneliti pilih diantara itu semua peneliti hanya akan mengambil 1 dari setiap subjek agar terdapat perbedan dalam permasalahan belajar memasak yang mereka hadapi. Kemudian mereka akan belajar memasak melalui media sosial instagram pada akun tiyarahmatiya. Pengumplan data dilakukan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Untuk menjaga keabahan data dilakukan dengan kegiatan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian terhadap dampak penggunaan media sosial terhadaap hasil belajar life skill bagi mahasiswa dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sosial instagram pada akun tiyarahmatiya layak dan efektif dijadikan seagai sumber belajar bagi mahasiswa yang ingin belajar memasak.Dengan dimanfaatkannya media sosial sebagai media belajr sangat tepat mengingat penggunaan media sosial tidak hanya memiliki dampak positif. Penggunaan media sosial instagram tiyarahmatiya diharap mampu membantu ii an memotivasi masalah mahasiswa dalam hal memasak. Hal ini bertujuan agar tidak adanya penghalang dalam belajar dengan sumber belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Dec 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/790 |
Actions (login required)
View Item |