Pengaruh pemanfaatan laboratorium praktikum perkantoran terhadap hasil belajar siswa melalui motivasi belajar (studi pada siswa kelas X dan XI mata pelajaran produktif otomatisasi dan tata kelola perkantoran di SMKN 1 Lamongan dan SMKN 2 Tuban / Vivi Sri Jayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan laboratorium praktikum perkantoran terhadap hasil belajar siswa melalui motivasi belajar (studi pada siswa kelas X dan XI mata pelajaran produktif otomatisasi dan tata kelola perkantoran di SMKN 1 Lamongan dan SMKN 2 Tuban / Vivi Sri Jayanti

Jayanti, Vivi Sri (2020) Pengaruh pemanfaatan laboratorium praktikum perkantoran terhadap hasil belajar siswa melalui motivasi belajar (studi pada siswa kelas X dan XI mata pelajaran produktif otomatisasi dan tata kelola perkantoran di SMKN 1 Lamongan dan SMKN 2 Tuban / Vivi Sri Jayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Jayanti Vivi Sri. 2019. Pengaruh Pemanfaatan Laboratorium Praktikum Perkantoran terhadap Hasil Belajar Siswa melalui Motivasi Belajar (Studi pada Siswa Kelas X dan XI Mata Pelajaran Produktif Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMKN 1 Lamongan dan SMKN 2 Tuban). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sopiah M.Pd M.M. Kata Kunci Pemanfaatan Laboratorium Praktikum Perkantoran Motivasi Belajar Hasil Belajar Siswa. Hasil belajar siswa nilai Ujian Nasional dilihat dari cakupan wilayah Kabupaten Lamongan pada 4 tahun terakhir mengalami penurunan sebesar 10 24 sedangkan di Kabupaten Tuban mengalami penurunan sebesar 6 2. Pemanfaatan laboratorium juga dirasa kurang maksimal sehingga meski guru mendorong siswa untuk belajar tetapi masih ada siswa yang memperoleh nilai di bawah standart KKM yaitu 75. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) pengaruh pemanfaatan laboratorium praktikum perkantoran terhadap motivasi belajar (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa (3) pengaruh pemanfaatan laboratorium praktikum perkantoran terhadap hasil belajar siswa dan (4) pengaruh pemanfaatan laboratorium praktikum perkantoran terhadap hasil belajar siswa melalui motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa program keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran kelas X dan XI di SMKN 1 Lamongan dan SMKN 2 Tuban sebayak 427 siswa. Sampel penelitian sebanyak 207 yang terbagi dua yaitu SMKN 1 Lamongan dan SMKN 2 Tuban. Pengumpulan data menggunakan angket wawancara dan dokumentasi. Uji validitas uji reliabilitas dilakukan dan analisis data dengan statistik deskriptif uji asumsi klasik dan analisis jalur (path analisys). Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMKN 1 Lamongan dan SMKN 2 Tuban (1) pemanfataan laboratorium praktikum perkantoran terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar (2) motivasi belajar terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa (3) pemanfaatan laboratorium praktikum perkantoran berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dan (4) pemanfaatan laboratorium praktikum perkantoran berpengaruh secara tidak langsung secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa melalui variabel intervening yaitu motivasi belajar. Saran yang diberikan oleh peneliti adalah (1) bagi pimpinan SMKN 1 Lamongan dan SMKN 2 Tuban yaitu lebih meningkatkan ketersediaan jumlah alat-alat praktik agar waktu kegiatan praktik lebih efektif meningkatkan kualitas guru agar mampu memaksimalkan pemanfaatan laboratorium praktikum perkantoran dengan baik (2) bagi Guru SMKN 1 Lamongan dan SMKN 2 Tuban yaitu guru lebih meningkatkan intensitas siswa berkunjung ke laboratorium dengan harapan siswa lebih aktif mengaplikasikan keterampilannya dan memberikan motivasi yang bijak kepada siswa agar tidak mengalami penurunan di hasil belajarnya (3) bagi siswa SMKN 1 Lamongan dan SMKN 2 Tuban yaitu sebagai wawasan untuk lebih bersemangat dalam memanfaatkan fasilitas yang tersedia di laboratorium praktikum perkantoran agar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan mendapatkan hasil belajar yang maksimal sesuai usahanya dan (4) bagi peneliti selanjutnya yaitu ketiga variabel dapat dilanjutkan dengan menambahkan faktor kondisi laboratorium sumber belajar atau faktor lain untuk lebih menyempurnakan penelitian selanjutnya di objek yang sama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78814

Actions (login required)

View Item View Item