Penerapan kurikulum 2013 di SDLBK Bhakti Luhur Malang pada kelas B (tuna rungu) / Priscillia Andrianita Effendy - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan kurikulum 2013 di SDLBK Bhakti Luhur Malang pada kelas B (tuna rungu) / Priscillia Andrianita Effendy

Effendy, Priscillia Andrianita (2018) Penerapan kurikulum 2013 di SDLBK Bhakti Luhur Malang pada kelas B (tuna rungu) / Priscillia Andrianita Effendy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Effendy Priscillia Andrianita. 2018. Penerapan Kurikulum 2013 di SDLBK Bhakti Luhur Malang pada Kelas B ( Tunarungu ). Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sihkabuden M.Pd (II) Arafah Husna S.Pd. M.Med.Kom. Kata Kunci Kurikulum 2013 SDLB Tunarungu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan kurikulum 2013 di SDLBK Bhakti Luhur Malang. Kurikulum 2013 memiliki beberapa karakteristik yang membedakan dari kurikulum terdahulu. Terdapat 5 karakteristik dalam kurikulum 2013 yaitu Tematik Interaktif Delapan Mata Pelajaran Pramuka menjadi Ekstrakurikuler Wajib Penambahan Jam Pelajaran dan Bahasa Inggris menjadi Kegiatan Ekstrakurikuler. Selain memiliki 5 karakteristik tersebut penerapan kurikulum 2013 juga harus memiliki perencanaan pelaksanaan dan penilaian / evaluasi yang tepat. Penerapan Kurikulum 2013 ini dilakukan di SDLBK Bhakti Luhur Malang khususnya pada kelas B (Tunarungu). Tunarungu merupakan kelainan yang terjadi pada pendengaran. Siswa yang memiliki keaadaan seperti ini memerlukan pembelajaran yang berbeda dibandingkan dengan siswa normal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dan sampel penelitian ini merupakan guru wali kelas SDLBK Bhakti Luhur Malang. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan mengambil sampel Kelas Rendah dan Kelas Tinggi. Kelas yang menjadi sampel dalam penilitian ini adalah kelas III dan IV. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket wawancara observasi dan dokumentasi. Data yang didapat berupa data primer dan data sekunder. Kemudian data yang didapat dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai penerapan kurikukum 2013 di SDLBK Bhakti Luhur Malang yang telah dilakukan menggunakan teknik angket wawancara observasi dan dokumentasi. Maka peneliti dapat menyimpulkan sebagai berikut Penerapan Kurikulum 2013 di SDLBK Bhakti Luhur Malang berjalan dengan baik rata rata jawaban yang diberikan guru pada angket menyatakan guru telah bisa dan dapat menerapkan Kurikulum 2013 dalam Perencanaan Pelaksanaan dan Evaluasi dengan baik. Hampir semua guru sudah dapat merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan baik. Jawaban guru dalam angket ini dibenarkan dengan hasil observasi yang dilakukan dalam kelas. Guru dapat menyesuaikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu guru dapat melakukan penilaian yang dibagi menjadi 3 yaitu Penilaian sikap ii pengetahuan dan ketrampilan dengan baik. Selain menggunakan angket dan observasi dapat dilihat dari hasil wawancara guru menyatakan tidak ada kesulitan yang ada dalam penerapan kurikulum 2013 di SDLBK Bhakti Luhur. Hal ini dikarenakan pemerintah telah menyediakan pelatihan dan buku pedoman untuk menerapkan kurikulum 2013 dengan baik. Hambatan yang terjadi dalam penerapan kurikulum 2013 di SDLBK Bhakti Luhur Malang ini adalah terdapat guru yang masih belum bisa mengelola kelas dengan baik. Guru masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab saat kegiatan pembelajaran. Selain dari kemampuan guru yang kurang dalam mengelola kelas hambatan lainnya adalah alokasi waktu yang kurang sesuai pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Siswa terkadang datang terlambat untuk memulai keegiatan pembelajaran serta jam belajar bagi siswa tidak ada penambahan seperti yang telah dianjurkan Pemerintah. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan ini adalah guru lebih aktif dn kreatif dalam mengajar serta meningkatkan kemampuan pengelolaan kelas dengan menggunakan metode metode baru yang dapat diterapkan di dalam kegiatan pembelajaran. Dari penjelasan yang telah disampaikan dapat disimpulkan bahwa penerapan kurikulum 2013 di SDLBK Bhakti Luhur Malang telah terlaksana dengan sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/786

Actions (login required)

View Item View Item