Liana, April (2019) Pengembangan instrumen penilaian autentik psikomotor berbasis kinerja pada mata pelajaran komunikasi bisnis kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK PGRI 2 Malang / April Liana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i RINGKASAN Liana April. 2019. Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Psikomotor Berbasis Kinerja Pada Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran Di SMK PGRI 2 Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd. M.M. Kata Kunci Penilaian Autentik Penilaian Psikomotor Penilaian Kinerja Penilaian autentik adalah suatu penilaian yang mengharuskan peserta didik untuk melakukan menerapkan dan melaksanakan suatu tugas yang ada di dalam dunia nyata berdasarkan pengalaman secara langsung yang didapat dari materi yang sudah diajarkan. Salah satu penilaian autentik yang lebih ditekankan pada kurikulum 2013 adalah penilaian kinerja karena penilaian tersebut dianggap dapat melihat kemampuan dan keterampilan peserta didik pada saat proses pembelajaran berlangsung. Namun faktanya pada saat praktik dilapangan berbeda kegiatan penilaian psikomotor masih secara menyeluruh tanpa melalui tahap-tahap dalam penilaian psikomotor sehingga dapat dikatakan tidak dapat menilai kemampuan siswa dengan sahih. Maka dari itu dibuatlah penelitian dan pengembangan ini untuk dapat digunakan sebagai media penilaian yang layak digunakan dan dapat dijadikan pedoman dalam kegiatan menilai khususnya ranah psikomotorik. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu menghasilkan produk berupa instrumen penilaian autentik psikomotor berbasis kinerja pada mata pelajaran Komunikasi Bisnis kelas X Bisnis Daring Pemasaran yang sesuai dengan kurikulum 2013 mengetahui kelayakan produk yang dibuat untuk digunakan sebagai pedoman dalam membuat instrumen penilaian dan untuk dikembangkan ulang oleh peneliti lain. Pengembangan instrumen penilaian ini menggunakan langkah-langkah sebagai berikut (1) Penelitian dan pengumpulan data (research and information collection) (2) perencanaan (planning) (3) pengembangan draf produk (develop testing) (5) merevisi hasil uji coba (main product revision) yang dikemukan oleh Brog and Gall. Penelitian dan pengembangan berfokus pada penilaian aspek psikomotor berbasis kinerja pada mata pelajaran komunikasi bisnis. Kegiatan validasi dilakukan oleh ahli yang meliputi ahli penilaian dan materi sedangkan untuk uji coba terbatas berfungsi untuk mengetahui tingkat kelayakan produk yang dilakukan guru mata pelajaran komunikasi bisnis dan siswa sebagai subyek penelitian. Hasil validasi oleh validator ahli penilaian memperoleh persentase ratarata 93 33% dengan kategori sangat layak . Validasi materi oleh dosen dan guru memperoleh hasil perhitungan nilai persentase rata-rata 92 50 % dinyatakan sangat layak . Hasil uji keterbacaan terhadap instrumen penilaian oleh siswa memperoleh perhitungan persentase rata-rata 91 90% dinyatakan sangat layak . Hasil tanggapan guru terhadap instrumen penilaian memperoleh hasil perhitungan persentase rata-rata 95 83% dinyatakan sangat layak . Bersadarkan validasi dan uji coba terbatas menunjukkan bahwa instrumen penilaian yang dikembangkan sangat layak atau sangat valid sehingga dapat digunakan sebagai pedoman dan referensi untuk mengembangkan produk dalam aspek psikomotor oleh guru pada ii mata pelajaran Komunikasi Bisnis Kompetensi Dasar 4.9 Menyelenggarakan Prosedur Interview dalam Bidang Bisnis. Saran pengembangan produk pada penelitian selanjutnya pada instrumen penilaian hasil pengembangan yaitu (1) perlu dilakukan penelitian sampai pada tahap diseminasi kepada peserta didik dan tahap implementasi produk karena lembar kerja sangat membantu peserta didik dalam pencapaian kompetensi dan guru sangat terbantu dalam melakukan penilaian. (2) instrumen penilaian yang dikembangkan bisa menambahkan aspek kognitif untuk meningkatkan pengetahuan siswa sehingga tidak hanya aspek psikomotor saja. (3) perlu penambahan kompetensi dasar sehingga instrumen penilaian yang dihasilkan tidak terbatas pada kompetensi dasar 4.9 menyelenggarakan prosedur interview dalam bidang bisnis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jul 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/78464 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |