Pengembangan instrumen penilaian autentik psikomotorik berbasis proyek pada mata pelajaran marketing kompetensi dasar membuat merek (studi pada siswa kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Probolinggo) / Noerul Amilia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen penilaian autentik psikomotorik berbasis proyek pada mata pelajaran marketing kompetensi dasar membuat merek (studi pada siswa kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Probolinggo) / Noerul Amilia

Amilia, Noerul (2019) Pengembangan instrumen penilaian autentik psikomotorik berbasis proyek pada mata pelajaran marketing kompetensi dasar membuat merek (studi pada siswa kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Probolinggo) / Noerul Amilia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Amilia Noerul. 2019. Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Psikomotorik Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Marketing Kompetensi Dasar Membuat Merek (Studi Pada Siswa Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Probolinggo). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Suwarni M. Si. Kata Kunci Penilaian autentik penilaian psikomotorik penilaian proyek. Penilaian autentik merupakan penilaian yang mengkaitkan konteks pembelajaran mendekati dunia nyata/rill dengan komponen penilaian yang terdiri atas aspek sikap aspek pengetahuan dan aspek keterampilan (psikomotorik) siswa. Pada kurikulum 2013 salah satu bentuk penilaian autentik psikomotorik yang diterapkan yaitu penilaian proyek dikarenakan penilaian ini dapat membantu guru dalam mengetahui pemahaman kemampuan mengaplikasikan dan kemampuan menyelidiki serta kemampuan menginformasikan yang dimiliki siswa selama kegiatan pembelajaran dilakukan. Namun fakta di lapangan berbeda kegiatan dan cara yang digunakan dalam melakukan penilaian ini dapat dikatakan tidak akuntabel dan sahih serta masih subjektif. Sehingga dibuatlah penelitian dan pengembangan ini untuk dapat digunakan sebagai instrumen penilaian yang layak digunakan dan dapat dijadikan pedoman dalam kegiatan pembelajaran khususnya dalam menilai aspek psikomotorik siswa dalam mengerjakan proyek. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu menghasilkan produk berupa instrumen penilaian autentik psikomotorik berbasis proyek pada mata pelajaran Marketing kompetensi dasar membuat merek kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran sesuai dengan kurikulum 2013 serta untuk mengetahui kelayakan produk yang telah dibuat oleh peneliti agar dapat digunakan dan dikembangkan oleh peneliti lain. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan memodifikasi model yang dikembangkan oleh Borg Gall. Berikut merupakan tahap-tahap penelitian dan pengembangan instrumen penilaian ini yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi yang terbagi atas analisis kebutuhan dan studi literatur (2) perencanaan (3) pengembangan produk (4) validasi produk berdasarkan ahli (5) revisi produk berdasarkan ahli (6) uji coba lapangan (7) revisi berdasarkan uji coba lapangan (8) produk akhir. Kegiatan validasi dilakukan oleh ahli instrumen penilaian (dosen) ahli materi (dosen) dan guru mata pelajaran Marketing. Sedangkan uji keterbacaan dilakukan oleh siswa dengan mengisi angket. Tujuan validasi dan uji keterbacaaan produk ini yaitu untuk mengetahui kelayakan produk dan membantu peneliti dalam mengembangkan produk. Hasil validasi oleh ahli instrumen penilaian menunjukkan persentase sebesar 97% dengan kategori sangat layak . Validasi oleh ahli materi ii menunjukkan persentase sebesar 100% dengan kategori sangat layak dan hasil validasi guru menunjukkan persentase sebesar 96% dengan kategori sangat layak . Sedangkan uji keterbacaaan siswa menunjukkan persentase sebesar 89% dengan kategori sangat layak . Berdasarkan hasil validasi ahli dan uji keterbacaan siswa dapat simpulkan bahwa instrumen penilaian autentik psikomotorik berbasis proyek pada mata pelajaran Marketing kompetensi dasar membuat merek kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran dinyatakan sangat layak digunakan. Saran untuk peneliti lain yaitu diharapkan melanjutkan penelitian dan pengembangan ini sampai tahap diseminasi dan implementasi produk untuk mencapai kesempurnaan produk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78462

Actions (login required)

View Item View Item