Analisis efektivitas business center di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung / Eli Lailatul Khasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis efektivitas business center di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung / Eli Lailatul Khasanah

Khasanah, Eli Lailatul (2019) Analisis efektivitas business center di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung / Eli Lailatul Khasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Khasanah Eli Lailatul. 2018. Analisis Efektivitas Business Center di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. Skripsi Jurusan Manajeman Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si Kata Kunci Business Center Laboratorium Penjualan Faktor Pendukung dan Penghambat Business Center merupakan fasilitas yang penting sebagai penunjang kegiatan pembelajaran peserta didik kompetensi keahlian bisnis daring dan pemasaran. SMK Negeri 1 Boyolangu mendirikan Business Center sebagai salah satu unit produksi dan digunakan peserta didik kompetensi keahlian bisnis daring dan pemasaran sebagai tempat untuk mempraktikkan teori yang diperoleh di dalam kelas. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendiskripsikan Business Center SMK Negeri 1 Boyolangu faktor pendukung dan penghambat pada saat kegiatan praktik Business Center dan peran Business Center sebagai laboratorium penjualan di SMK Negeri 1 Boyolangu. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini data primer mencakup informan tempat dan peristiwa yang terjadi dalam Business Center dan data sekunder mencakup dokumen yang terkait dengan Business Center. kegiatan analisis data dimulai dari reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan dengan meningkatkan ketekunan triangulasi sumber triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Business Center yang berada di SMK Negeri 1 Boyolangu disebut juga laboratorium pengelolaan bisnis ritel yang digunakan peserta didik kompetensi keahlian bisnis daring dan pemasaran untuk praktik secara langsung bukan hanya simulasi saja (2) Faktor pendukung kegiatan praktik Business Center adalah sarana dan prasarana yang memadai pangsa pasar yang jelas dan bekerjasama dengan ahli dari salah satu perusahaan ritel yaitu Alfamart. Sedangkan faktor penghambatnya adalah guru tidak bisa mengawasi secara penuh kegiatan praktik belum memiliki izin untuk keluar dan keterlambatan barang (3) Peranan Business Center SMK Negeri 1 Boyolangu sebagai laboratorium penjualan sudah berperan efektif untuk meningkatkan kompetensi peserta didik berkaitan dengan soft skills pengetahuan produk penataan barang dangangan pelayanan penjualan komunikasi bisnis dan administrasi transaksi. Saran dari hasil penelitian yaitu (1) bagi pihak sekolah untuk mengupayakan Business Center dapat dibuka untuk umum dan memberikan kesempatan kepada peserta didik di luar kelas Alfa (2) bagi pengurus Business Center hendaknya menambah jam praktik dan menambah peserta didik yang praktik memperluas kegiatan peserta didik (3) bagi peserta didik lebih aktif dalam melakukan kegiatan praktik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78454

Actions (login required)

View Item View Item