Perbedaan tingkat entrepreneurship dan efikasi diri siswa dari lingkungan keluarga wirausaha dan non wirausaha (studi kasus pada kelas XII SMK Negeri 1 Pasuruan) / Dinda Rizki Aprilia - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan tingkat entrepreneurship dan efikasi diri siswa dari lingkungan keluarga wirausaha dan non wirausaha (studi kasus pada kelas XII SMK Negeri 1 Pasuruan) / Dinda Rizki Aprilia

Aprilia, Dinda Rizki (2019) Perbedaan tingkat entrepreneurship dan efikasi diri siswa dari lingkungan keluarga wirausaha dan non wirausaha (studi kasus pada kelas XII SMK Negeri 1 Pasuruan) / Dinda Rizki Aprilia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Aprilia Dinda Rizki. 2019. Perbedaan Tingkat Entrepreneurship Dan Efikasi Diri Siswa Dari Lingkungan Keluarga Wirausaha Dan Non Wirausaha (Studi Kasus Pada Kelas XII SMK Negeri 1 Pasuruan). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Agung Winarno M.M. Kata Kunci Entrepreneurship Efikasi Diri dan Lingkungan Keluarga. Pengangguran merupakan masalah yang dihadapi oleh banyak orang termasuk lulusan SMK. Tingkat pengangguran dari lulusan SMK tergolong tinggi. Persaingan di dunia kerja membuat siswa SMK harus mempersiapkan diri dengan baik agar memenangkan persaingan. Sebenarnya mereka memiliki opsi lain selain dunia kerja yaitu membuka bisnis sendiri tetapi tentunya hal ini harus dipersiapkan terlebih dahulu. Perbaikan kualitas diri harus dilakukan. Sikap yang mendukung perbaikan kualitas diri adalah entrepreneurship dan efikasi diri. Keduanya bukan hanya dibentuk di sekolah tetapi juga bisa melalui lingkungan keluarga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Tingkat entrepreneurship siswa dari lingkugan keluarga wirausaha dan non wirausaha (2) Tingkat efikasi diri siswa dari lingkungan keluarga wirausaha dan non wirausaha (3) Perbedaan tingkat entrepreneurship siswa dari lingkugan keluarga wirausaha dan non wirausaha (4) Perbedaan tingkat efikasi diri siswa dari lingkungan keluarga wirausaha dan non wirausaha (5) Peran lingkungan keluarga dalam pembentukan entrepreneurship siswa (6) Peran lingkungan keluarga dalam pembentukan efikasi diri siswa. Metode penelitian menggunakan metode campuran. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII SMK Negeri 1 Pasuruan kelompok bismen. Sampel penelitian berjumlah 147 siswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat entrepreneurship siswa dari lingkungan keluarga wirausaha masih didominasi oleh kategori sedang. Hal ini berarti siswa telah memiliki entrepreneurship tetapi belum maksimal dan konsisten. Sedangkan Tingkat entrepreneurship siswa dari lingkungan keluarga non wirausaha pada kategori sangat tinggi merupakan jumlah terbanyak. Hal ini berarti siswa telah memiliki entrepreneurship yang baik dan konsisten (2) Tingkat efikasi diri siswa dari lingkungan keluarga wirausaha didominasi oleh kategori rendah yang artinya efikasi diri siswa sangat perlu untuk ditingkatkan. Tingkat efikasi diri siswa dari lingkungan keluarga non wirausaha pada kategori sedang memiliki jumlah terbanyak yang artinya efikasi diri siswa telah ada tetapi belum maksimal dan perlu ditingkatkan (3) Hasil uji independent t-test menunjukkan tidak terdapat perbedaan tingkat entrepreneurship siswa dari lingkungan keluarga wirausaha dan non wirausaha (4) Hasil uji independent t-test menunjukkan tidak terdapat perbedaan tingkat efikasi diri siswa dari lingkungan keluarga wirausaha dan non wirausaha (5) Peran lingkungan keluarga pada pembentukan entrepreneurship siswa melalui pendidikan kewirausahaan berupa melibatkan anak dalam pengelolaan usaha memotivasi dan membantu anak dalam menjalankan usahanya anak ikut membantu kegiatan rumah serta mencontohkan ii cara berjualan (6) Peran lingkungan keluarga pada pembentukan efikasi diri siswa meliputi dukungan emosional yaitu rasa peduli sikap perhatian dan rasa percaya. Dukungan Penghargaan berupa ungkapan penghargaan maupun pemberian hadiah. Dukungan instrumental ditunjukkan dengan pemberian fasilitas sesuai kebutuhan. Dukungan informasi berupa pemberian saran dan pengarahan. Peneliti menyarankan (1) Pihak sekolah lebih memaksimalkan praktik pendidikan kewirausahaan agar tingkat entrepreneurship dan efikasi diri siswa yang semula masih ada pada tingkat rendah dan sangat rendah dapat dinaikkan pada kategori yang lebih tinggi (2) Adanya peran keluarga baik dan lingkungan keluarga wirausaha dan non wirausaha memungkinkan untuk terjalinnya kerjasama antara pihak sekolah dan keluarga siswa untuk fokus menguatkan entrepreneurship dan efikasi diri siswa sehingga membentuk lulusan yang tangguh (3) Peneliti selanjutnya diharapkan melakukan penelitian lanjutan pada populasi yang berbeda untuk memperdalam pembahasan variabel penelitian yang dipakai pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78444

Actions (login required)

View Item View Item