Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan hasil belajar siswa X MIPA 4 SMAN 1 Tulungagung / Fitria Rahma Afiva - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan hasil belajar siswa X MIPA 4 SMAN 1 Tulungagung / Fitria Rahma Afiva

Afiva, Fitria Rahma (2019) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan hasil belajar siswa X MIPA 4 SMAN 1 Tulungagung / Fitria Rahma Afiva. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Afiva Fitria Rahma. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Hasil Belajar Siswa X MIPA 4 SMAN 1 Tulungagung. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Murni Saptasari M.Si (2) Dra. Eko Sri Sulasmi M. S. Kata Kunci Inkuiri Terbimbing keterampilan komunikasi hasil belajar Kurikulum 2013 adalah kurikulum berbasis kompetensi yang penerapan-nya mewajibkan siswa dapat menguasai salah satu aspek yang penting yaitu aspek komunikasi. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada 9 Oktober s/d 6 November 2018 di SMAN 1 Tulungagung di-ketahui bahwa pembelajaran yang dilakukan masih terpusat pada guru. Keterampilan komunikasi siswa juga masih rendah terbukti dari keterampilan komunikasi siswa pada aspek bertanya. Saat siswa diberi kesempatan untuk bertanya hanya 47% siswa yang aktif bertanya. Ketuntasan belajar dilihat dari hasil tes formatif siswa masih rendah dengan persentase siswa yang belum mencapai KKM adalah 60%. Kedua aspek tersebut menunjukkan persentase yang masih rendah sehingga diperlukan perbaikan pembelajaran yang mampu me-ningkatkan keterampilan komunikasi dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tindakan dalam penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap keterampilan komunikasi dan hasil belajar siswa kelas X MIPA 4 SMAN 1 Tulungagung. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan tindakan kelas observasi dan refleksi. Penelitian menggunakan materi pada KD 3.10 dan 4.10 serta KD 3.11 dan 4.11. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Tulungagung dengan subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas X MIPA 4 SMAN 1 Tulungagung yang berjumlah 36 orang terdiri dari 13 laki-laki dan 23 perempuan. Data yang dikumpulkan selama penelitian adalah keterlaksanaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dari aspek guru dan siswa dengan instrumen lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dari aspek guru dan siswa keterampilan komunikasi tulis dengan instrumen penilaian laporan peng-amatan keterampilan komunikasi lisan dengan instrumen lembar observasi keterampilan komunikasi lisan dan hasil belajar kognitif siswa dengan instrumen tes akhir siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi lisan siswa pada siklus I sebesar 80 38% meningkat menjadi 87 84% pada siklus II sedangkan keterampilan komunikasi siswa tulis pada siklus I sebesar 78 89% meningkat menjadi 88 13% pada siklus I. Hasil belajar dari aspek kognitif pada siklus I sebesar 78 56% meningkat menjadi 83 50% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian adalah model pembelajaran Inkuiri Terbimbing meningkatkan keterampilan komunikasi dan hasil belajar siswa kelas X MIPA 4 SMAN 1 Tulungagung. Saran dari guru harus selalu mengingatkan siswa mengenai alokasi waktu pembelajaran guru harus menjelaskan mengenai model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan menjelaskan maksud prosedur pengamatan beserta contoh terlebih dahulu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/77778

Actions (login required)

View Item View Item