Pengembangan bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing yang diperkaya augmented reality pada materi asam basa / Nuchrurita Rosida - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing yang diperkaya augmented reality pada materi asam basa / Nuchrurita Rosida

Rosida, Nuchrurita (2019) Pengembangan bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing yang diperkaya augmented reality pada materi asam basa / Nuchrurita Rosida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Rosida Nuchrurita. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Terbimbing yang Diperkaya Augmented Reality pada Materi Asam Basa Skripsi. Jurusan Kimia. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Munzil S.Pd. M.Pd (II) M. Muchson S.Pd. M.Pd. Kata kunci Bahan ajar inkuiri termbimbing augmented reality asam basa pH Ilmu kimia merupakan cabang ilmu sains sehingga untuk dapat mempelajarinya secara utuh membutuhkan keterampilan sains baik sebagai produk proses ataupun sikap. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengintegrasikan keterampilan sains secara utuh adalah inkuiri terbimbing. Implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat dibantu dengan penggunaan bahan ajar. Bahan ajar yang telah beredar dewasa ini kurang interaktif dan kurang memperhatikan interaksi tiga representasi kimia khususnya materi asam basa. Alternatif yang dapat digunakan adalah menggunakan media pembelajaran digital yang dapat memperhatikan ketiga representasi khususnya submikroskopik contohnya teknologi augmented reality. Teknologi augmented reality memungkinkan pengguna dapat melihat objek seolah-olah terlihat real ada di hadapannya. Penggunaan teknologi ini juga dapat menarik perhatian siswa sehingga siswa minat untuk belajar. Model pengembangan bahan ajar menggunakan model pengembangan Lee dan Owens yang sesuai untuk pengembangan multimedia. Model pengembangan ini terdiri dari lima tahap namun dalam pengembangan yang dilakukan hanya analyze design dan development. Tahap implementation dan evaluation tidak dilakukan karena keterbatasan tenaga waktu dan biaya peneliti. Bahan ajar yang telah selesai dikembangkan divalidasi oleh satu dosen kimia dan satu guru kimia kemudian dilakukan uji keterbacaan. Hasil validasi bahan ajar diperoleh rata-rata sebesar 86 7% untuk aspek isi materi secara menyeluruh dengan kriteria sangat valid. Sedangkan berdasarkan aspek media hasil validasi bahan ajar memperoleh rata-rata sebesar 82 7% dengan kriteria sangat valid.Pada uji keterbacaan bahan ajar yang dikembangkan mendapatkan rata-rata sebesar 92 17% dengan kriteria sangat valid.Berdasarkan hasil validasi dan uji keterbacaan tersebut bahan ajar ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran kimia materi asam basa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/76898

Actions (login required)

View Item View Item