Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E yang dipadu think pair share terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMA Negeri Sidoarjo pada materi larutan penyangga / S. Luluk An Nisak Mabrurroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E yang dipadu think pair share terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMA Negeri Sidoarjo pada materi larutan penyangga / S. Luluk An Nisak Mabrurroh

Mabrurroh, S. Luluk An Nisak (2019) Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E yang dipadu think pair share terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMA Negeri Sidoarjo pada materi larutan penyangga / S. Luluk An Nisak Mabrurroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Mabrurrroh S.L.AN.N. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E yang Dipadu Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI SMA Negeri Sidoarjo pada Materi Larutan Penyangga. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Fauziatul Fajaroh M.S. (II) Dr. Siti Marfu ah M.S. Kata Kunci Learning Cycle 5E yang dipadu Think Pair Share hasil belajar kognitif larutan penyangga Konsep-konsep larutan penyangga perlu dipahami siswa karena larutan penyangga erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari misalnya penyangga karbonat dalam darah obat-obatan dan lain-lain. Hasil penelitian dan wawancara menunjukkan bahwa pemahaman siswa dan hasil belajar siswa tentang materi larutan penyangga masih rendah. Diperlukan suatu proses pembelajaran yang berpusat pada siswa sehingga dapat menjadikan proses pembelajaran lebih bermakana dan meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu pembelajaran bermakna yang berpusat pada siswa adalah model pembelajaran Learning Cycle 5E (LC 5E). Namun diskusi kelompok pada model pembelajaran LC 5E kurang berpola sehingga dicoba dipadukan dengan model pembelajaran kooperatif yang berpola yaitu Think Pair Share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk melihat keterlaksanaan proses pembelajaran dari kelas dengan model pembelajaran LC 5E yang dipadu TPS (LC-TPS) dan LC 5E serta pengaruh model pembelajaran LC 5E-TPS terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMA Negeri Sidoarjo pada materi larutan penyangga. Rancangan Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan eksperimental semu dengan post-test-only-control group design. Pemilihan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah kelas XI MIA 3 yang terdiri dari 35 siswa sebagai kelas eksperimen (LC5E-TPS) dan kelas MIA 5 yang terdiri dari 34 siswa sebagai kelas kontrol (LC 5E). Instrumen perlakuan yang digunakan adalah Silabus RPP dan LKS dengan hasil validasi terkategori baik. Instrumen pengukuran yang digunakan adalah 20 butir soal pilihan ganda yang valid dengan nilai reliabilitas sebesar 0 84. Data keterlaksanaan pembelajaran dianalisis menggunakan analisis deskriptif sedangkan data hasil belajar kognitif siswa dilakukan uji hipotesis dengan statistik nonparametrik yaitu uji Mann Whitney dengan bantuan program SPSS 15.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan proses pembelajaran kedua kelas terkategori terlaksana dengan sangat baik yaitu 92 11% pada kelas eksperimen dan 90 78% pada kelas kontrol. (2) ada pengaruh model pembelajaran LC 5E-TPS terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas yang ditunjukkan oleh perbedaan rata-rata yang signifikan dari kedua kelas. Nilai rata-rata hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen (85 43) lebih tinggi dari pada nilai rata-rata kelas kontrol (81 62). Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran LC 5E-TPS terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/76895

Actions (login required)

View Item View Item