Analisis respon afektif pebelajar terhadap pemberian tugas pada pembelajaran blended / Yuni Novitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis respon afektif pebelajar terhadap pemberian tugas pada pembelajaran blended / Yuni Novitasari

Novitasari, Yuni (2018) Analisis respon afektif pebelajar terhadap pemberian tugas pada pembelajaran blended / Yuni Novitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Novitasari Yuni. 2018. Analisis Respons Afektif Pebelajar Terhadap Pemberian Tugas pada Pembelajaran Blended. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Eka Pramono Adi S.IP M.Si (II) Dr. Henry Praherdhiono S.Si M.Pd. Kata kunci afektif pebelajar pemberian tugas pembelajaran blended. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan respons afektif mahasiswa saat memperoleh metode pemberian tugas dalam pembelajaran Blended. Afektif berkaitan pada sikap pebelajar beberapa nilai dan kegiatan yang bersifat apresiatif. Domain afektif pada bidang pendidikan merupakan tindak lanjut dari adanya perilaku lebih atas domain kognitif. Dapat dikatakan seorang pebelajar akan mempunyai perilaku tertentu kepada suatu hal ketika kognitifnya sudah berada pada tingkat yang tinggi. Penelitian ini menganalisis lima tingkatan domain afektif yaitu menerima (receiving) menanggapi (responding) menilai (valuing) mengorganisasi (organization) dan karakterisasi nilai (characterization by value or value complex). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian merupakan seluruh mahasiswa pada jurusan Teknologi Pendidikan angkatan 2015 yang mengikuti perkuliahan Pengembangan Belajar Online yang berjumlah 72 responden. Data yang didapatkan merupakan data perhitungan angket yang sudah melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Dari analisis data diperoleh bahwa respons (a) afektif mahasiswa dalam tingkatan penerimaan (receiving) mencapai 75 6% dikategorikan sangat positif (b) afektif mahasiswa dalam tingkatan penanggapan (responding) mencapai 70 2% dikategorikan positif (c) afektif mahasiswa dalam tingkatan penilaian (valuing) mencapai 72 9% dikategorikan positif (d) afektif mahasiswa dalam tingkatan pengorganisasian (organization) mencapai 68 6% dikategorikan positif dan (e) afektif mahasiswa dalam tingkatan bermuatan nilai (characterization by value or value complex) mencapai 68 6% dikategorikan positif. Dapat ditarik kesimpulan jika kecenderungan afektif mahasiswa pada jurusan Teknologi Pendidikan angkatan 2015 yang mengikuti perkuliahan Pengembangan Belajar Online (PBO) berada pada tingkatan peningkatan (receiving).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/763

Actions (login required)

View Item View Item