Astuti, Reni Intan Puji (2018) Persepsi mahasiswa Teknologi Pendidikan angkatan 2016 terhadap penerapan model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) pada matakuliah pengembangan Media Foto (Fotografi) / Reni Intan Puji Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Astuti Reni Intan Puji. 2018. Persepsi Mahasiswa Teknologi Pendidikan Angkatan 2016 Terhadap Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) pada Matakuliah Pengembangan Media Foto (Fotografi). Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Anselmus J. E. Toenlioe M.Pd. (II) Arafah Husna S.Pd M.Med.Kom. Kata Kunci Persepsi Pembelajaran Berbasis Proyek Pengembangan Media Foto (Fotografi). Dalam sistem pembelajaran saat ini yang sedang berlaku khususnya di perguruan tinggi adalah pembelajaran yang berorientasi/berpusat kepada mahasiswa. Dalam proses pembelajaran yang mengutamakan hasil berupa suatu produk yang berkualitas untuk mencapai hasil belajar yang optimal dosen pengampu matakuliah pengembangan media foto (fotografi) menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning). Dalam model pembelajaran berbasis proyek mahasiswa dituntut untuk dapat berinteraksi dengan dosen maupun dengan kelompok untuk dapat menemukan solusi-solusi dari masalah yang dihadapi pada saat proses pembelajaran berlangsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa Teknologi Pendidikan angkatan 2016 terhadap penerapan model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) pada matakuliah pengembangan media foto (fotografi) ditinjau dari aspek interaksi mahasiswa keaktifan mahasiswa motivasi belajar mahasiswa manajemen dan pengalaman belajar mahasiswa pemahaman dan keterampilan mahasiswa hasil belajar mahasiswa dan kesesuaian model pembelajaran dengan karakteristik matakuliah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Sebanyak 102 mahasiswa jurusan Teknologi Pendidikan angkatan 2016 yang telah menempuh matakuliah pengembangan media foto (fotografi) dijadikan sebagai sampel penelitian. Sampel diambil menggunakan teknik total sampling dengan jumlah 102 mahasiswa. Selanjutnya data yang telah diperoleh diolah menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Untuk menghitung dalam pengolahan data dibantu dengan menggunakan program SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap penerapan pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) pada matakuliah pengembangan media foto (fotografi) termasuk dalam kategori baik dengan skor rerata (mean) 159 33 (79 665%). Ditinjau dari setiap indikatornya pada aspek keaktifan mahasiswa termasuk dalam kategori baik dengan skor rerata (mean) 19 29 (80 375%) pada aspek interaksi mahasiswa termasuk dalam kategori baik dengan skor rerata (mean) 22 25 (79 4%) pada aspek motivasi belajar mahasiswa termasuk dalam kategori sangat baik dengan skor rerata (mean) 23 56 (84 1%) pada aspek manajemen dan pengalaman belajar mahasiswa termasuk dalam kategori baik dengan skor rerata (mean) 24 82 (77 57%) pada aspek pemahaman dan keterampilan mahasiswa termasuk dalam kategori baik dengan skor rerata (mean) 24 26 (75 8%) pada aspek hasil belajar termasuk dalam kategori baik dengan skor rerata (mean) 15 08 (75 4%) dan pada aspek kesesuaian model pembelajaran dengan karakteristik matakuliah termasuk dalam kategori sangat baik dengan skor rerata (mean) 30 07 (83 5%).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jul 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/760 |
Actions (login required)
View Item |