Novliana, Fanny Suraya (2010) Pengembangan media video pembelajaran mata tataran supervisi pendidikan di Departemen Edukasi PPPPTK/VEDC Malang / Fanny Suraya Novliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Novliana Fanny Suraya. 2009. Pengembangan Media Video Pembelajaran Mata Tataran Supervisi Pendidikan di Departemen Edukasi PPPPTK/VEDC Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Mohammad Efendi M.Pd. M.Kes (II) Yerry Soepriyanto ST MT Kata Kunci video pembelajaran supervisi pendidikan PPPPTK/VEDC Malang. Mata tataran supervisi pendidikan biasanya mencakup kepemimpinan management kelas supervisi pendidikan didaktik metodik teori organisasi. Yang menjadi permasalahannya adalah para peserta kurang bisa menangkap materi yang diberikan oleh pemateri. Hal ini dikarenakan media yang digunakan untuk menyajikan materi adalah makalah dan power point sedangkan materi yang harus disampaikan sangat banyak sehingga model pemberian materi menjadi kurang efektif. Untuk itu diperlukan suatu model pengembangan yang lebih efektif yaitu dengan pengembangan media video pembelajaran agar materi dapat diserap oleh peserta. Tujuan pengembangan media video untuk memberikan variasi pembelajaran terhadap peserta didik yang mengikuti mata tataran supervisi pendidikan di departemen edukasi PPPPTK/VEDC Malang selain dari penyampaian lewat power point dan makalah. Agar suasana pembelajaran lebih menarik variatif dan komunikatif sehingga secara tidak langsung dapat memudahkan para peserta didik untuk menyerap materi yang disampaikan. Dalam pengembangan media video pembelajaran Mata Tataran Supervisi Pendidikan menggunakan model Sadiman. Subjek uji coba pengembangan media ini adalah peserta pelatihan yang mengikuti mata tataran supervisi pendidikan di departemen edukasi PPPPTK/VEDC Malang. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket yang diuji coba oleh ahli media ahli materi dan peserta pelatihan. Untuk mengukur hasil belajar menggunakan tes berbentuk pilihan ganda berupa pra-tes dan pasca-tes. Analisis data angket menggunakan teknik analisis deskriptif dengan teknik persentase sedangkan untuk melihat perbandingan antara pra-tes dan pasca-tes menggunakan teknik diagram. Hasil pengembangan media video pembelajaran ini berdasarkan analisis data dari hasil uji coba yang diperoleh dari angket 2 orang ahli media dan 1 orang ahli materi dan kelompok peserta pelatihan kemudian dianalisis berdasarkan atas tabel spesifikasi sudjana memenuhi kriteria valid menurut ahli media ahli materi audien. Sedangkan untuk tes hasil belajar menunjukkan media video ini terbukti efektif. Saran yang diajukan adalah sebagai berikut (1) Bagi peserta pelatihan sebaiknya mendengarkan penjelasan dari instruktur bagaimana cara menggunakan media video pembelajaran dan membaca petunjuk cara menjawab soal (2) Bagi instruktur media ini dapat digunakan untuk mempermudah penyampaian materi agar tampak lebih menarik variatif dan komunikatif (3) Bagi jurusan teknologi pendidikan media ini dapat dijadikan referensi dalam pengembangan media pendidikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/76 |
Actions (login required)
View Item |