Pengaruh argument driven inquiry terhadap kemampuan pemecahan masalah dan argumentasi siswa kelas X IPA SMAN 2 Blitar pada materi usaha dan energi / Mei Budi Astuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh argument driven inquiry terhadap kemampuan pemecahan masalah dan argumentasi siswa kelas X IPA SMAN 2 Blitar pada materi usaha dan energi / Mei Budi Astuti

Astuti, Mei Budi (2019) Pengaruh argument driven inquiry terhadap kemampuan pemecahan masalah dan argumentasi siswa kelas X IPA SMAN 2 Blitar pada materi usaha dan energi / Mei Budi Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Astuti Mei Budi. 2019. Pengaruh Argument Driven Inquiry TerhadapKemampuanPemecahanMasalahdanArgumentasiSiswaKelas X SMAN 2 BlitarpadaMateri Usaha danEnergi.Skripsi. Program StudiPendidikanFisika JurusanFisika FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. LiaYuliati M.Pd. (II) Dr. Parno M.Si. Kata Kunci kemampuanpemecahanmasalah kemampuanargumentasi model Argument Driven Inquiry Pemecahanmasalahdanargumentasimerupakansalahsatukemampuan yang harusdikuasaiolehsiswauntukmenyiapkansiswamemasukiduniakerja.Penelitianterdahulumenunjukkanbahwakeduakemampuantersebutmasihtergolongrendah.Salah satu model yang dapatmeningkatkankeduakemampuantersebutadalahArgument Driven Inquiry(ADI).Indikatorpemecahanmasalahdanargumentasidapatdiintegrasikankedalamsintaks ADI untukmempermudahsiswadalammelakukanpenyelidikansertamembangunargumen yang kuatuntukmemecahkansuatumasalah.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruh model ADIterhadapkemampuanpemecahanmasalahdanargumentasisiswakelas X SMAN 2 Blitarpadamateriusahadanenergi. Jenispenelitianiniadalahpenelitiankuasi-eksperimendenganpretest posttest control group design. Teknikpengambilansampelmenggunakancluster random samplingdenganmengambilduakelas. Pengambilan data dilakukandenganmemberikan 10 butirsoaluraian yang terdiridari 5 soalpemecahanmasalahdan 5 soalargumentasi.Hasilpretestdanposttestsiswadikelompokkanberdasarkanindikatorpemecahanmasalahdankomponenargumentasinyauntukmengetahuikemampuansiswapadasetiapindikator.Data yang diperolehkemudiandiujimenggunakanuji-t untukmengetahuiperbedaankelaseksperimendankelaskontrolkemudiandiujidenganuji-F untukmengetahuipengaruh model ADI terhadapkemampuanpemecahanmasalahdan/atauargumentasisiswa. Hasilujihipotesismenunjukkanbahwamodel ADI tidakmempengaruhikemampuanpemecahanmasalahsiswa.Hal inidilihatdarihasiluji-t dimananilaithitung (0 4784) (2 0086) ttabel. Sedangkanhasilujihipotesiskemampuanargumentasisiswadidapatkanbahwa model ADI berpengaruhterhadapkemampuanargumentasisiswa.Kemampuanargumentasisiswameningkatdilihatdarikompleksitasargumen yang dikembangkansaatmenjawabsoal. Dari hasilpenelitiandiketahuibahwasebanyak 46 92% siswapadakelaseksperimendan 35 38% siswakelaskontrolmampumengembangkanargumentasipada Level 2 dimanasiswamemberikan data ataupenjelasanuntukmendukungklaim yang iabuat. Padapenelitianini kemampuanpemecahanmasalahkelaseksperimendankelaskontroltidakmenunjukkanadanyaperbedaan yang signifikansehinggadisarankankepadapeneliti lain untukmenggabungkan model ADI denganmetode yang lebihvariatifuntukmelatihsiswamenerapkanindikatorpemecahanmasalahsecaramaksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/75909

Actions (login required)

View Item View Item