Pengembangan game edukasi e-praktikum pada materi listrik dinamis di kelas XII / Monika Ardiana Dewi Astutik - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan game edukasi e-praktikum pada materi listrik dinamis di kelas XII / Monika Ardiana Dewi Astutik

Astutik, Monika Ardiana Dewi (2020) Pengembangan game edukasi e-praktikum pada materi listrik dinamis di kelas XII / Monika Ardiana Dewi Astutik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Astutik Monika. 2019. Pengembangan Game Edukasi E-Praktikum Pada Materi Listrik Dinamis Di Kelas XII. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Purbo Suwasono M.Si. (II) Nugroho Adi Pramono S.Si M.Sc. Kata Kunci Game Edukasi E-Praktikum Listrik Dinamis Fisika merupakan mata pelajaran yang mempelajari alam dan fenomena yang terjadi di dalamnya melalui beberapa proses ilmiah yang meliputi kegiatan observasi membuat hipotesis eksperimen serta evaluasi data berdasarkan sikap ilmiah. Pemberian pengalaman secara langsung dapat digunakan sebagai cara mengembangkan kompetensi agar siswa dapat memahami fenomena alam sekitar secara ilmiah. Hal ini merupakan penekanan dari proses pembelajaran sains khususnya dalam pembelajaran fisika. Pemberian pengalaman langsung pada pembelajaran fisika ini dapat diperoleh melalui kegiatan praktikum. Jarangnya guru memberikan praktikum pada saat pelajaran membuat siswa kurang dalam pengalaman langsung dan menyebabkan siswa mengalami miskonsepsi. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan di atas adalah dengan membuat media pendamping untuk siswa dalam belajar dan melakukan praktikum secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan game edukasi E-Praktikum pada materi listrik dinamis. Penelitian dan pengembangan dilakukan dengan model pengembangan berbasis multimedia yang dikemukakan oleh Lee dan Owens. Tahap penelitian yaitu (1) assessment/analysis (analisis) melakukan observasi (2) design (desain) perencanaan game yang akan dikembangkan (3) development (pengembangan) menghasilkan bentuk akhir game (4) implementation (implemetasi) produk diujicobakan secara terbatas (5) evaluation (evaluasi) mengumpulkan data sebagai dasar menetapkan kelayakan produk. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitaf. Hasil validasi dan uji kelayakan game edukasi E-Praktikum pada materi listrik dinamis dikategorikan valid. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukan bahwa game edukasi E-Praktikum pada materi listrik dinamis yang dikembangkan memperoleh persentase untuk validasi media sebesar 94 2% persentase untuk validasi materi sebesar 92 7% dan persentase untuk uji coba terbatas sebesar 88 3%. Implikasi dari penilitian ini adalah pengembangan game edukasi E-Praktikum pada materi listrik dinamis dinyatakan baik dan dapat digunakan sebagai media pendamping pembelajaran mandiri siswa untuk pelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/75892

Actions (login required)

View Item View Item