Puspridayanti, Vega Selvian (2018) Pengembangan e-module mata pelajaran Biologi kelas XI semeter II materi Sistem Pernapasan Manusia di SMA Negeri 1 Karangan Trenggalek / Vega Selvian Puspridayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i RINGKASAN Puspridayanti Vega Selvian. 2018. Pengembangan E-Module mata pelajaran Biologi kelas XI semester II materi Sistem Pernapasan Manusia di SMA Negeri 1 Karangan Trenggalek. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Agus Wedi M.Pd. (II) Saidah Ulfa S.T M.Edu Ph.D. Kata Kunci Pengembangan E-Module Biologi SMA Modul elektronik adalah alat atau sarana pembelajaran yang terdiri dari materi beserta cara evaluasi yang disusun secara sistematis dan menarik untuk mencapai kompetensi tujuan yang diharapkan dan berbasis komputer. E-Module disertai dengan multimedia pembelajaran seperti gambar teks audio video maupun animasi dan dimanfaatkan dengan bantuan komputer sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar dalam proses pembelajaran individual. Tujuan dari pengembangan ini untuk menghasilkan suatu produk pembelajaran e-module yang valid dan layak digunakan sebagai sumber belajar yang efektif serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Biologi SMA materi sistem pernapasan manusia. Penelitian ini menggunakan model pengembangan William W.Lee dan Dania L.Owens yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis desain pengembangan implementasi dan evaluasi. Subjek penelitian dalam pengembangan ini adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Karangan Trenggalek. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif (angket ahli materi ahli media siswa tes hasil belajar) dan kualitatif (saran ahli materi ahli media siswa) Electronic Module (e-module) divalidasi oleh seorang ahli materi ahli media dan diujicobakan kepada 38 siswa yang terbagi menjadi 3 uji coba perseorangan 5 uji kelompok kecil 30 uji coba lapangan. Tes hasil belajar dilaksanakan 38 siswa. Berdasarkan hasil angket ahli materi diperoleh total persentase 96 25% hasil angket ahli media diperoleh total persentase 92 5% dari uji coba responden yang terdiri dari uji coba perseorangan diperoleh total persentase 84 15% uji coba kelompok kecil diperoleh total persentase 91% uji coba lapangan diperoleh total persentase 91%. Pada tes hasil belajar 32 siswa mendapat nilai di atas KKM dan 6 siswa lainnya belum mencapai KKM hal ini menunjukkan bahwa e-module ini valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran individual dan menunjukkan bahwa e-module ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi sistem pernapasan manusia. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikaji bahwa e-module ini valid dan layak digunakan sebagai sumber belajar yang efektif serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Biologi materi Sistem Pernapasan Manusia. Dalam pemanfaatan e-module pengguna harus mempelajari buku panduan penggunaan agar mampu memahami cara menggunakan e-module dengan benar dan tidak mengalami kesulitan dalam mengoperasikannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/752 |
Actions (login required)
View Item |