Minat belajar siswa dalam pembelajaran dengan metode inkuiri terbimbing / Chien Azizah Firdaus - Repositori Universitas Negeri Malang

Minat belajar siswa dalam pembelajaran dengan metode inkuiri terbimbing / Chien Azizah Firdaus

Firdaus, Chien Azizah (2020) Minat belajar siswa dalam pembelajaran dengan metode inkuiri terbimbing / Chien Azizah Firdaus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Firdaus Chien Azizah. 2019. Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran dengan Metode Inkuiri Terbimbing. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang Pembimbing I Made Sulandra Dr.rer.nat. M.Si Kata Kunci minat belajar pembelajaran inkuiri terbimbing Penelitian ini di Latarbelakangi oleh rendahnya minat siswa yang disebabkan oleh kurangnya peran siswa selama pembelajaran berlangsung. Adanya minat pada siswa dapat mendorong ia untuk terus belajar sehingga memungkinkan memperoleh hasil yang baik dalam belajar. Oleh karenanya untuk menumbuhkan minat siswa dalam belajar penelitian ini menerapkan metode inkuiri terbimbing. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mendeskripsikan minat belajar siswa dalam pembelajaran dengan metode inkuiri terbimbing. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan dalam tiga pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA BIMA Jember jumlah siswa sebanyak 40 siswa yang terdiri dari terdiri dari 18 siswa perempuan dan 22 siswa laki laki. Data dan instrumen dari penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa tindakan guru seperti mengulang materi dan menguraikan kegunaannya pemberian LKK yang membuat siswa berpikir bersikap ramah dan membimbing memberian hadiah serta membagi siswa ke dalam kelompok dalam penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing dapat menimbulkan atau meningkatkan minat belajar siswa. Tahapan pembelajaran inkuiri terbimbing adalah prapembelajaran menyajikan masalah merumuskan hipotesis melakukan eksperimen menganalisis menguji hipotesis menyimpulkan menyajikan hasil pascapembelajaran. Berdasarkan analisis data hasil pengamatan pada 3 pembelajaran dapat disimpulkan bahwa urutan tahap dari yang paling mempengaruhi atau meningkatkan minat adalah pascapembelajaran prapembelajaran menyajikan masalah merumuskan hipotesis melakukan percobaan menganalisis menguji hipotesis membuat kesimpulan dan menyajikan hasil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/74830

Actions (login required)

View Item View Item