Pengembangan Massive Open Online Course (MOOC) kewirausahaan pada mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang / Rizal Dwi Setyawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Massive Open Online Course (MOOC) kewirausahaan pada mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang / Rizal Dwi Setyawan

Setyawan, Rizal Dwi (2018) Pengembangan Massive Open Online Course (MOOC) kewirausahaan pada mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang / Rizal Dwi Setyawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setyawan RizalDwi. 2017. Pengembangan Massive Open Online Course (MOOC) Kewirausahaan pada Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Sulthoni M.Pd. (II) Dr. Henry Praherdhiono S.Si M Si. Kata Kunci MOOC e-learning Kewirausahaan Dalam sistem MOOC telah disajikan materi tentang kewirausahaannya yang dapat dipelajari secara gratis beserta dengan pengajar dan bahan kajian untuk mempelajari materi kewirausahaan ini. Hal tersebut memungkinkan pengguna MOOC untuk megembangkan kemampuan mereka dalam mendalami materi kewirausahaan ini. Selain hal tersebut disediakan nya tes dalam setiap kursus dapat dijadikan tolak ukur untuk mengetahui seberapa banyak hal yang telah dipelajari oleh setiap pengguna.Pada Jurusan Teknologi Pendidikan UM terdapat beberapa mata kuliah yang mempunyai potensi untuk dikembangkan pada ranah kewirausahaan. Hal tersebut merupakan salah satu indikasi bahwa jurusan ini mempunyai peluang untuk melahirkan enterpreneur muda. Beberapa mata kuliah tersebut adalah Fotografi serta sinematografi. Tujuan dari pengembangan mengembangkan sebuah media pembelajaran yang dapat diakses dimanapun dengan menggunakan jaringan internetberupa MOOC. Untuk mengetahui hasil validitas dari MOOC untuk materi kewirausahaan fotografi dan sinematografi.Untuk mengetahui kualitas media yang dikembangkan berdasarkan pendapat ahli apakah media memenuhi standart atau kriteria kelayakan media pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah modelpengembangan dari Kerri Conrad (2000).Adapun tahapan tersebut antara lain (1) Identify Need (2) Define Need (3) Design (4) Develop (5) Test (6) Deliver (7) Evaluate (8) Revise. Subjek penelitian dalam validasi yaitu mahasiswa Teknologi Pendidikan angkatan 2016 2015 2014. Jenis Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil pengembangan ini memenuhi kriteria valid yakni ahli media 93 75% ahli materi 90% uji coba perseorangan 84 85% uji coba kelompok kecil83 75% uji coba lapangan87 33%. Berdasarkan kriteria yang ditentukan dapat dijelaskan bahwa Pengembangan Massive Open Online Course (MOOC) Kewirausahaan pada Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang memenuhi kriteria valid dan dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran. Bagi instruktur dalam memperlancar proses kegiatan pembelajaranmenggunakan e-learning dengan MOOC kewirausahaan fotografi dan sinematografi sebaiknya instruktur meminta mahasiswa untuk membuat akun bagi yang belum pernah mengakses MOOC ini sebelumnya dan agar mempersiapkan alat pendukung berupa headset sebagai alat bantu dalam mendengarkan audio. Selain itu instruktur juga diharapkan membimbing pengguna untuk membaca buku petunjuk. pemanfaatan dengan cermat agar tidak menemui kendala dalam mengoperasikan MOOC ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/745

Actions (login required)

View Item View Item